0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemudik Diberi Buku Gratis

Republika Online
Republika Online - Fri, 17 May 2019 13:28
Viewed: 34
Pemudik Diberi Buku Gratis

JAKARTA -- Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Perpustakaan Nasional menyelenggarakan program donasi buku untuk pemudik. Mengusung tema 'Mudik Asyik Baca Buku', dan akan dilakukan di lima titik pada saat masa mudik Lebaran 2019.

Sebagai langkah awal, donasi buku dilakukan di lima titik keberangkatan pemudik di Jakarta. Tempat tersebut adalah Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulogebang, Stasiun Senen, dan Stasiun Gambir. Buku gratis tersebut akan diberikan kepada pemudik pada 27, 28, dan 29 Mei 2019.

Ketua Umum Ikapi, Rosidayati Rozalina mengatakan pihaknya akan mendonasikan minimal 5.000 buku di lima titik tersebut sehingga masing-masing 1.000 buku. Sebagian buku untuk para pemudik tersebut berasal dari sumbangan penerbit-penerbit anggota Ikapi, sebagian lagi dari Pusat Perbukuan.

"Jadi acara ini salah satu wujud kegiatan, kerjasama Ikapi, Perpusnas dan Kemendikbud. Sebelumnya dari kerja sama ini sempat ada bazar buku murah juga. Sekarang kami membuat program ini membagikan buku pada para pemudik," kata Rosidayati, saat konferensi pers, Jumat (17/5).

Program ini dilakukan juga untuk memperingati hari jadi Ikapi yang ke-69 dan Perpusnas yang ke-39. Buku-buku yang dibagikan kepada para pemudik ini diharapkan dapat menyebar di daerah-daerah tempat tinggal para pemudik nantinya.

Ikapi menerima berbagai jenis donasi buku. Nantinya, tim dari Ikapi akan menyeleksi buku mana yang bisa dibagikan disesuaikan dengan pemudik. Rosidayati mengatakan, buku yang dibagikan bisa untuk anak-anak ataupun dewasa.

"Nanti akan disesuaikan, kalau buku yang tersedia itu untuk anak-anak ya untuk anak-anak. Kalau dewasa ya dewasa. Sifatnya donasi, jadi sesuai dengan buku dari penerbit. Ikapi menerima semua jenis buku," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Dadang Sunendar mengapresiasi program yang diinisiasi oleh Ikapi ini. Ia pun berpesan agar buku yang dibagikan sesuai dengan pemudik yang menerima dan diharapkan bisa sampai ke kampung halaman mereka masing-masing.

"Saya pikir ini program kerja sama pertama yang sangat menarik, karena Kemendikbud dan Ikapi bekerjasama dalam bidang yang lain. Ikapi sebagai salah satu gerbong utama percetakan buku, Perpusnas yang merupakan lembaga memiliki tugas sangat besar dalam urusan peradaban Indonesia dalam hal membaca, dan kami dari Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, ingin turut berpartisipasi untuk membantu menyukseskan acara ini," kata Dadang.

Hal senada diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Woro Titi Haryanti. Menurut dia, yang menjadi masalah dalam literasi adalah bukan saja minat baca yang rendah namun tidak adanya buku di masyarakat.

"Kami dari Perpusnas mengacungkan dua jempol, apapun kegiatannya selama mendekatkan buku kepada masyarakat, kami sangat mendukung. Karena selama ini buku itu tidak ada di masyarakat," kata Woro.

Ia berharap, para pemudik nantinya bisa membaca buku sambil menikmati perjalanan mereka pulang ke kampung halaman. Woro juga menegaskan, Perpusnas siap menyediakan tenaga bantuan apabila diperlukan.

Program bagi-bagi buku pada pemudik adalah yang pertama kali dilakukan dalam kerja sama tiga lembaga ini. Rosidayati mengatakan, dengan adanya program donasi buku tahun ini, di tahun-tahun yang akan datang bisa dilakukan kembali. Pelaksanaannya tahun ini juga diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi untuk ketiga lembaga ke depannya.

"Sebenarnya rencananya tunda aja tahun depan, tapi kayanya kalau kita mulai lebih awal itu lebih baik lagi," kata Rosidayati.


Berita Terkait
  • Mendikbud: Kapasitas Guru Vokasi Terus Ditingkatkan
  • Mendikbud: Pemerintah Undang Instruktur, Bukan Impor Guru
  • Anggota DPR RI: Wacana Guru Asing Harus Diperjelas
Berita Lainnya
  • Keterlibatan Bulog dalam BPNT Ciptakan Integrasi Hulu-Hilir
  • Ini Perbedaan Marquez dan Lorenzo di GP Jerez

Pemudik Diberi Buku Gratis

Pemudik Diberi Buku Gratis

Pemudik Diberi Buku Gratis

Pemudik Diberi Buku Gratis

Pemudik Diberi Buku Gratis

  
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri