0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

BisnisWisata
BisnisWisata - Wed, 22 May 2019 02:16
Viewed: 81
Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

MATARAM, Gempa Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terjadi 5 Agustus 2018 dan Maret 2019, masih membekas hingga kini bagi wisatawan mancanegara. Akibatnya pariwisata NTB pada kuartal I 2019 belum sepenuhnya pulih pascagempa. Hal itu tercermin dari sektor transportasi dan akomodasi masih mengalami kontraksi masing-masing sebesar 2,71 persen (yoy) dan 20,21 persen (yoy).

"Pemulihan tingkat kunjungan wisatawan ke NTB pascagempa tertahan oleh harga tiket pesawat yang masih mahal, khususnya untuk penerbangan domestik," papar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Achris Sarwani di Mataram, NTB.

Dilanjutkan, dampak pariwisata bagi perekonomian di NTB baru mulai terasa setelah enam bulan ke depan. Berdasarkan pernyataan General Manager Bandara Internasional Lombok Nugraha Jati, jumlah kunjungan turis asing memang mulai mengalami kenaikan dibanding pada tahun lalu. "Semoga kenaikan jumlah wisman ke Lombok bisa berkesinambungan agar mendorong kembali perekonomian NTB," kata Achris.

Diperkirakan perekonomian NTB pada 2019 mulai tumbuh positif dan mampu melampaui proyeksi semula yang sebesar 1,2 hingga 1,6 persen (yoy). Proyeksi tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan pada 2018 yang mengalami kontraksi sebesar -4,59 persen (yoy).

"Pariwisata yang tercermin dari transportasi dan akomodasi makan-minum diperkirakan lebih baik dibandingkan 2018 meskipun belum sepenuhnya apabila dibandingkan kondisi tahun-tahun sebelumnya sebelum terjadi gempa," lanjutnya seperti dilansir Republika.co.id, Rabu (22/05/2019).

Perkiraan tersebut, sambung dia, tak lepas dari risiko perkembangan wisatawan yang tertahan oleh tingginya harga tiket pesawat sehingga menjadi disinsentif untuk berkunjung ke NTB. Achris mencatat hingga triwulan I 2019; jumlah penumpang pesawat ke NTB masih terontraksi sebesar -17,03 persen (yoy), sementara jumlah wisatawan ke NTB masih terkontraksi sebesar 34,11 persen (yoy). (NDY)


The post Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Source: BisnisWisata

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

Pasca Gempa, Pariwisata NTB Belum Sepenuhnya Pulih

  
OUR PARTNERS
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri