0
Thumbs Up
Thumbs Down

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

Republika Online
Republika Online - Mon, 24 Feb 2020 20:18
Dilihat: 27
WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

JAKARTA -- Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) untuk Indonesia, Navaratnasamy Paranietharan mengatakan telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan, terutama di bidang media sosial, untuk memerangi hoaks Covid-19.

Dalam acara diskusi yang digelar oleh Foreign Policy Community Indonesia, Paranietharan menyebut penyebaran hoaks dan informasi yang tidak akurat menjadi salah satu tantangan dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 atau virus corona.

"Ada begitu banyak hoaks yang beredar, terlebih dengan sosial media yang membuat penyebaran informasi begitu cepat dan teori-teori kontroversial yang kerap ada di media," kata dia, Senin (24/2).

Dia mengatakan ada yang berbeda dalam kasus Covid-19 dibandingkan dengan epidemik yang pernah tersebar secara global sebelumnya seperti SARS atau MERS.

"Dengan Covid-19 ini, kami juga memerangi apa yang kami sebut 'Infodemik', yakni memerangi epidemik dengan Covid-19, serta semua hoaks dan semua informasi yang beredar," ujarnya.

Paranietharan pun mengatakan, untuk pertama kalinya, WHO menjalin kerja sama dengan sejumlah platform media sosial, termasuk Twitter, Facebook, dan mesin pencari Google, guna memastikan informasi yang tidak akurat serta berita bohong tidak muncul dalam pencarian di Google.

Laman-laman awal dalam pencarian Google pun akan memunculkan sumber yang dapat dipercaya. Berita-berita bohong, yang kerap muncul dalam beberapa pekan pertama virus corona merebak, tak lagi muncul di awal. Selain itu, terdapat pula klarifikasi atas berita-berita tidak benar yang sempat beredar sebelumnya.

"Butuh usaha yang besar dan tim yang besar untuk dapat mewujudkan ini. Direktur WHO dan tim kami telah bekerja sama dengan banyak pihak untuk dapat melakukannya," lanjut dia.

Paranietharan mendorong masyarakat mengakses informasi dari sumber-sumber yang kredibel dan terpercaya, termasuk laman resmi WHO.org yang juga memberikan berbagai informasi terkait Covid-19.


Berdasarkan pantauan Antara, hasil pencarian melalui Google dengan kata kunci 'coronavirus' atau 'Covid-19' pada Senin malam termasuk sejumlah berita terkini dari media-media nasional dan internasional, cicitan Twitter dari akun resmi WHO dan Tedros Adhanom selaku pimpinan WHO, tautan ke laman bantuan dan informasi resmi dari WHO, serta tip keselamatan.

Berita Terkait
  • Mantan Presiden FIGC Minta Liga Italia Tetap Digelar
  • Terkait Virus Corona, Barca akan Jalani Tes Ketat di Napoli
  • Jasa Dekorasi Kesulitan Bahan Perlengkapan Impor dari China
Berita Lainnya
  • Arsul Sani: Salam Pancasila tak Bisa Gantikan Salam Agama
  • Pasien Diduga Corona di RSHS Pernah Pergi ke Thailand

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

WHO Kerja Sama dengan Perusahaan Perangi Hoaks Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya