0
Thumbs Up
Thumbs Down

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 11 Oct 2019 21:18
Dilihat: 24
Jakarta

Capital market (pasar modal) merupakan wahana untuk mempertemukan pihak-pihak yang memerlukan dana jangka panjang dengan pihak yang memiliki dana tersebut. Jadi, capital market adalah pasar yang memperdagangkan kredit jangka panjang dalam bentuk surat berharga (efek) seperti saham dan obligasi.

Menurut Undang-undang No. 8 tahun 1995 tentang capital market (pasar modal), pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, dan unit penyertaan kontrak investasi. Termasuk dalam pengertian efek adalah kontrak berjangka dan setiap derivatif lainnya dari efek.

Baca Juga: Bareng WE Academy, Bankir Belajar Pengelolaan Risiko Likuiditas

Dewasa ini, investasi pasar modal mulai dimengerti bagi masyarakat, baik itu pejabat, karyawan, pengusaha, bahkan kalangan milenial. Namun, sebagian besar dari mereka masih belum mengerti secara lebih detail bagaimana untuk memulai langkahnya.

Sejalan dengan hal itu, Warta Ekonomi Academy atau WE Academy menghadirkan Workshop dengan tema "Capital Market: Pemahaman, Fungsi serta Best Practice untuk Berinvestasi". Acara tersebut berlangsung di Hotel Le Meridien Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Ronny Gunawan, seorang praktisi yang telah berpengalaman di industri perbankan dan juga pasar modal menjelaskan, pemahaman yang diberikan kepada para peserta adalah pengenalan awal dari investasi itu sendiri. Seperti, pemilihan model dari investasi, karakteristik investor, sampai dengan mode atau tipikal jenis-jenis investasi yang diperlukan.

"Saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengembangkan upaya berinvestasi melalui capital market. Otomatis kita sebagai salah satu pelaksana di lapangan harus mendukung upaya tersebut dengan memberikan pemahaman menyeluruh kepada para calon investor maupun kepada investor pemula. Hal itu agar jangan sampai para investor tersebut salah berinvestasi sehingga berakibat timbulnya kerugian," jelas Ronny yang menjadi pemberi materi Workshop WE Academy.

Dirinya kembali melanjutkan, dalam berinvestasi di pasar modal seperti saham, tentunya para investor juga dapat menemui beberapa risiko. Berbicara risiko yang timbul, kalau salah berinvestasi, investor akan mengalami kerugian. Namun, bila investor mampu dengan tepat melaksanakan investasi, mereka akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan model investasi-invetasi yang lain. Begitu juga dengan Bond ataupun Obligasi.

Dalam investasi, ada faktor-faktor yang memengaruhi seperti makro dan mikro. Untuk makro, isu politik, kondisi perekonomian, dan segala macam aspek yang berkaitan dengan pemerintahan akan menjadi plus dan minus dari harga saham. Sementara itu, faktor mikro seperti kinerja perusahaan itu sendiri, internal perusahaan, dan keadaan dari sektor industri dari perusahaan tersebut.

"Ini yang harus difamiliarkan kepada para peserta agar mereka paham apa saja risiko-risiko yang ada di dalam setiap masing-masing jenis investasi tersebut. Di sisi lain kita juga harus menghitung bagaimana model kinerja dari masing-masing instrumen investasi tadi," paparnya.

"Itu semua kita sampaikan kepada mereka agar bisa memahami, menghitung, dan me-review seperti apa investasi mereka ini. Bukan hanya sekadar berinvestasi, melainkan juga memahami supaya tidak berkesan seperti kucing dalam karung," pungkasnya.

Penulis: Bambang Ismoyo

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Sufri Yuliardi

Sumber: wartaekonomi

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

WE Academy Familiarkan Pasar Modal

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya