0
Thumbs Up
Thumbs Down

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

Republika Online
Republika Online - Tue, 09 Jul 2019 18:10
Dilihat: 28
Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

CIREBON -- Seluruh warga Kota Cirebon diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan kota. Pasalnya, kebersihan tidak akan terwujud tanpa peran serta seluruh warga.

Permintaan itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, saat mengomentari viralnya foto Sungai Cipadu yang dipenuhi sampah. Padahal, sungai itu tepat mengalir di depan Keraton Kasepuhan Cirebon, yang menjadi salah satu onjek wisata unggulan di Kota Cirebon. "Saya sudah perintahkan dinas terkait untuk segera membersihkan sungai tersebut," tegas Azis, Selasa (9/7).

Perintah Azis untuk pembersihan sungai itupun sudah langsung dikerjakan. Bahkan, kegiatan itu juga melibatkan masyarakat pecinta lingkungan dan berbagai unsur lainnya.

Meski kini sungai itu sudah kembali bersih, namun Azis mengakui tidak tahu sampai kapan kondisi itu akan bertahan. Karenanya, dia memohon agar masyarakat juga ikut berperan serta menjaga kebersihan, termasuk kebersihan sungai-sungai yang melintas di Kota Cirebon. "Persoalan sampah adalah persoalan kita semua," kata Azis.

Azis mengakui, ujung tombak dalam menciptakan kebersihan kota memang ada di tangan Pemkot Cirebon melalui dinas terkait. Namun, tanpa peran serta dari masyarakat, maka kebersihan kota tidak akan terjaga.

Seperti diketahui, sebelumnya beredar foto Sungai Cipadu yang dipenuhi sampah. Sungai itu tepat melintasi bagian depan Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto itupun langsung viral di media sosial.

Saat ini, sampah yang berserakan di Sungai Cipadu, tepatnya yang mengalir di depan Keraton Kasepuhan, telah dibersihkan. Plt PSDA Dinas PUPR Kota Cirebon, Denny Rohmawan, menjelaskan, dilihat dari jenisnya, sampah yang berserakan di Sungai Cipadu itu sebagian besar merupakan sampah rumah tangga. Karena itu, untuk mencegah agar sungai tidak kembali kotor, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan sejumlah kelurahan yang dilewati sungai tersebut.

"Ada tiga kelurahan yang dilewati sungai ini, yaitu Kelurahan Jagasatru, Kelurahan Kasepuhan dan Kelurahan Lemahwungkuk," terang Denny.

Denny menambahkan, pihaknya juga akan mendata RW mana saja di tiga kelurahan itu yang langsung berhadapan dengan Sungai Cipadu. Setelah itu, pihaknya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga kebersihan sungai tersebut. "Jaring juga akan dipasang agar sampah terperangkap di jaring tersebut," tandas Denny.


Berita Terkait
  • Enam Calon Jamaah Haji di Cirebon Gagal Berangkat
  • Resahkan Warga, Anak Jalanan Diamankan Satpol PP Cirebon
  • Tips Cepat Menjaga Dapur Tetap Bersih
Berita Lainnya
  • Anne Avantie tak Nilai Negatif Lansia Dititip di Panti Jompo
  • Setkab: Jateng dan Jatim Jadi Contoh Sinergi Pusat-Daerah

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

Wali Kota Cirebon Minta Warga Menjaga Kebersihan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya