0
Thumbs Up
Thumbs Down

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

carmudi
carmudi - Tue, 29 Oct 2019 05:00
Dilihat: 141
Toyota Sumringah Para "Pembantu" Presiden Jokowi Pakai Sedan Crown (Foto: Toyota)

Jakarta - Tidak lama lagi para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai dari Menteri hingga dan pejabat tinggi lainnya akan menggunakan mobil dinas terbaru, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid. Mobil sedan mewah ini menggantikan kendaraan dinas sebelumnya yang sudah berumur 10 tahun dan diklaim sudah tidak layak lagi digunakan yaitu Toyota Crown Royal Saloon. Beda dari kendaraan dinas sebelumnya, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid punya sejumlah keunggulan yang membuatnya tidak hanya sekadar mewah tapi juga ramah lingkungan.

Lantas apa saja keunggulan dari sedan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid ini? Berikut uraian singkatnya:

  1. Menggunakan Platfom TNGA

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid merupakan generasi ke-15 dari Crown. Mobil sedan ini pertama kali dipasarkan pada 2018 dan dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Adapun kelebihan utama dari penggunaan platform baru tersebut adalah membuat performa kendaraan meningkat, dan struktur sasis menjadi lebih kuat.

Platform TNGA membuat Toyota Crown memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang Crown generasi ke-13 yang digunakan sebagai mobil menteri kabinet sebelumnya.

Toyota New Global Architecture (Foto: Toyota)
  1. Dimensi Lebih Panjang

Sedan ini memiliki panjang tubuh 4.910 milimeter (mm), lebar 1.550 mm, tinggi 1.455 mm, dan wheelbase 2.920 mm. Jika dibandingkan dengan Crown generasi ke-13 panjangnya hanya 4.870 mm, lebar 1.535 mm, tinggi 1.470 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Penambahan dimensi pada Crown generasi terbaru meningkatkan aspek kenyamanan penumpang. Sedangkan pengurangan tinggi membuat low center gravity yang dapat meningkatkan stability dan kenyamanan berkendara.

  1. Eksterior dan Interior

Bagian eksterior Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dibekali gril besar yang didesain sedemikian rupa sehingga tampak menyatu dengan bumper. Logo mahkota yang menempel di kisi-kisi gril diberi aksen warna biru sebagai simbol kendaraan ramah lingkungan. Lampu LED dengan desain futuristik baik di area depan maupun di belakang, serta pelek alloy ukuran 18 inci.

Sementara di bagian interior, terdapat dual touch panel monitor di tengah dasbor yang menampilkan ragam informasi, termasuk skema kerja Hybrid Synergy Drive (HSD) II. Lingkar kemudi mobil berkonsep three-spoke lengkap dengan tombol pengatur seperti cruise control, dan AC climate control triple zone. Sistem hiburan pada mobil ini cukup komplet mulai dari pemutar DVD Blu-ray, TV digital, Bluetooth, dan Wifi.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid (Foto: Toyota)
  1. Punya Mesin Bensin dan Motor Listrik

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid menggunakan mesin bensin berkode A25-FXS dengan kapasitas 2.487 cc 4 silinder Dynamic Force Engine. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 181 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm. Toyota juga mengaplikasikan motor listrik di sedan asal Jepang ini sebagai bagian dari teknologi hybrid yang diusungnya. Motor listrik pada Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid mampu menggerakkan roda dengan tenaga maksimal 140 hp dan torsi 300 Nm. Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

  1. Fitur Keamanan dan Keselamatan Lengkap

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dilengkapi perangkat keamanan dan keselamatan lengkap sehingga menjadi keunggulan yang tak bisa ditolak lagi. Mulai dari SRS airbag pada driver and passenger seat, driver knee, driver and passenger side dan curtain shield pada kabin depan dan belakang.

Tidak cuma itu saja, ada paket fitur keselamatan tambahan yaitu Toyota Safety Sense 2. Di antaranya fitur Pre-Collision System (PCS) untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki dan pesepeda. Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan dan membantu mengoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur dari posisi seharusnya di jalan.

Ada pula Automatic High Beam (AHB) yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan. Sementara fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman saat cruising di jalan tol.

Selain itu, terdapat pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) sebagai peringatan ketika ada kendaraan lain di area blind spot mobil dan Tire Pressure Warning System untuk memantau tekanan angin ban dan memberitahu jika ada yang kurang.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid (Foto: TAM)

"Sedan paripurna ini menyajikan kenyamanan penumpang sebagai point utama, dengan paduan fitur kenyamanan lengkap serta advance safety feature guna memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman di jalan. Selain tentunya mengaplikasikan teknologi Hybrid yang merupakan salah satu wujud komitmen Toyota untuk menciptakan mobil ramah lingkungan yang paling relevan saat ini, serta menjadi road map kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia," kata Henry Tanoto Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas


Baca Juga:Mobil Menteri Jokowi Terbaru Siap Dipakai Minggu Depan
Sumber: carmudi

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Toyota Crown untuk "Pembantu" Presiden Jokowi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya