0
Thumbs Up
Thumbs Down

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

okezone
okezone - Wed, 26 Feb 2020 13:30
Dilihat: 35
Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

JAKARTA - Meluasnya penyebaran virus korona mengguncang pasar saham global. Indeks saham di beberapa negara mengali penurunan tajam. China dan beberapa negara yang terdampak virus korona telah membatasi kegiatan di luar ruangan. Akibatnya, mengganggu rantai pasokan ekonomi, kegiatan pariwisata dan sektor-sektor keuangan penting lainnya.

Bursa saham di Amerika, Asia dan Eropa merasakan pukulan hebat ketika para pejabat kesehatan mengukuhkan munculnya kawasan-kawasan baru yang terserang virus korona mulai dari Timur Tengah sampai ke Eropa.

"Pasar-pasar keuangan kini mulai menyadari bahwa epidemi ini masih jauh dari berakhir. Dampaknya terus meluas dan menyebabkan banyak gangguan dalam rantai pasokan global, mempengaruhi industri perjalanan, pariwisata dan banyak hal lainnya," kata Desmond Lachman dari American Enterprise Institute dilansir dari VOA, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga: Virus Korona, Perusahaan Produk Olahraga Terbesar di China Mulai Kembali Buka Tokonya

Virus korona telah memicu ketakutan yang meluas dan reaksi yang semakin keras dari berbagai penguasa di banyak negara. Mereka memerintahkan diadakannya lockdown atau penutupan berbagai kegiatan yang berdampak melumpuhkan bidang perdagangan, khususnya di China, negara yang perekonomiannya nomor dua paling besar di dunia.

"Di China kini ada 150 juta orang yang praktis dikarantina, dan banyak dari mereka yang pulang ke kampung halaman atau berlibur tahun baru, kini tidak bisa kembali untuk mulai bekerja kembali," ujar Lachman.

Ketika banyak perusahaan merasakan dampaknya, konsumen pun terimbas.

"Kita akan merasakan dampak ekonomi sesungguhnya dari perebakan virus ini. Kita bahkan sudah melihat apa yang terjadi, misalnya, perusahaan Apple mengatakan akan ada dampak besar dalam kemampuannya membuat IPhone dalam jangka dekat ini," kata Mark Hamrick dari Bankrate.com.

Baca Juga: Wabah Virus Korona, Simak 7 Potret di Kawasan Ekonomi China

Sebagian pakar mengatakan dampak ekonomi ini akan sangat terasa tapi tidak berlangsung lama. Pakar Mark Hamrick membandingkan virus korona ini dengan angin ribut. Begitu topan itu berlalu, usaha perbaikan segera dimulai dan kegiatan normal akan pulih secara bertahap.

Namun, periset Desmond Lachman yakin, dampaknya bagi China akan terasa lebih lama, karena banyak perusahaan akan mencari sumber-sumber pasokan lain supaya jangan sangat tergantung pada China.

"Banyak perusahaan akan mengambil pelajaran dari peristiwa ini. Saya memperkirakan dampaknya pada perekonomian China akan dirasakan untuk jangka panjang, dan China tidak lagi dianggap menarik oleh para investor asing," tambah Lachman.


Virus korona bukanlah satu-satunya patogen yang akan sangat mengganggu perekonomian di banyak negara dan benua. Masalahnya, pelajaran apa yang bisa diambil dan bagaimana membuat perekonomian dunia lebih tangguh dalam menghadapi gejolak seperti ini.

Sumber: okezone

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

Virus Korona Bakal Berdampak Panjang bagi Ekonomi China

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya