0
Thumbs Up
Thumbs Down

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

okezone
okezone - Thu, 28 May 2020 16:56
Dilihat: 45
Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

SYDNEY - Uji coba pada manusia yang pertama di belahan bumi selatan terhadap vaksin virus corona yang potensial telah dimulai di Australia. 131 orang berusia antara 18-59 terlibat dalam program di Melbourne dan Brisbane.

Vaksin potensial, NVX-CoV2373, dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Amerika, Novavax. Perusahaan ini mulai mengupayakan vaksin ini pada bulan Januari ketika wabah Covid-19 dimulai di China. Vaksin ini bertujuan meningkatkan respon kekebalan tubuh dan merangsang tingkat antibodi penetral yang tinggi.

Jika vaksin ini berhasil, para peneliti berharap 100 juta dosis bisa dibuat pada akhir tahun ini dan 1,5 miliar pada tahun depan.

Para peneliti mengatakan "vaksin merupakan mukjizat dan sangat berguna untuk melindungi populasi terhadap penyakit parah ini."

Dr Paul Griffin adalah ahli penyakit menular yang terlibat dalam uji coba Covid-19 Australia. Ia berharap obat itu akan berhasil menyerang virus dan siap digunakan dalam beberapa bulan.

"Kami mencari antibodi, jenis serta jumlah antibodi, kemudian kami mengambil beberapa unsur dari peserta uji coba melalui tes darah dan melakukan banyak percobaan laboratorium untuk menunjukkan bahwa antibodi tersebut menetralkan virus," ujar Griffin.

"Perusahaan yang memproduksi vaksin sudah mulai meningkatkan proses, sehingga sudah banyak membuat dosis vaksin ini. Jadi jika kita bisa membuktikannya aman dan efektif, maka kemungkinan pada akhir tahun sejumlah besar dosis akan tersedia," imbuhnya.

Pihak berwenang Australia mengatakan uji coba ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam persaingan global untuk menciptakan vaksin virus corona. Beberapa peserta uji coba akan mendapat plasebo sementara yang lain akan diberikan obat Novavax.

Hasil awal diperkirakan diperoleh pada Juli, dan para ilmuwan mengharapkan "beberapa hasil konklusif pada akhir tahun ini". Fase dua uji coba akan berlangsung dengan ribuan relawan di beberapa negara. Relawan masih diperlukan, dan tim peneliti telah menekankan bahwa tidak ada virus corona aktif yang digunakan dalam percobaan pada manusia.

Novavax telah menerima $388 juta dari Koalisi Kesiapsiagaan Epidemi yang berbasis di Norwegia. Ada lebih dari 100 vaksin virus corona yang potensial sedang dikembangkan. Sekitar puluhan telah mencapai tahap percobaan pada manusia.


Pencarian vaksin ini merupakan persaingan global yang berpotensi bernilai miliaran dolar bagi mereka yang bisa menemukan pengobatan yang aman dan andal untuk virus yang telah menewaskan hampir 350.000 orang di seluruh dunia.

Sumber: okezone

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

Vaksin Potensial Virus Corona Mulai Diuji ke Manusia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya