0
Thumbs Up
Thumbs Down

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 13 Feb 2020 19:16
Dilihat: 29
Washington

Tiga senator AS akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Kiev pada Jumat (14/2). Mereka berusaha untuk memperkuat pentingnya negara tersebut sebagai sekutu strategis AS setelah ia mendapati dirinya berada di pusat persidangan pemakzulan sengit Presiden Donald Trump.

"Hubungan AS-Ukraina sama pentingnya sekarang dengan sebelumnya," Senator Republik Ron Johnson dan John Barrasso serta Senator Demokrat Chris Murphy mengatakan dalam sebuah pernyataan ketika mengumumkan perjalanan mereka.

Baca Juga: Batasi Trump Lancarkan Perang Lawan Iran, Senat AS Ajukan Undang-Undang

"Masa depan Ukraina penting bagi Amerika Serikat dan kami harus memastikan Ukraina tahu bahwa kami memandang mereka sebagai sekutu strategis," kata mereka.

Johnson dan Murphy terakhir bertemu dengan Zelenskiy di Kiev pada 5 September, ketika pemerintahnya berhadapan dengan keputusan Trump untuk membekukan hampir 400 juta dolar AS bantuan keamanan.

Murphy mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers di Washington dengan Johnson pada 10 September bahwa para pejabat Ukraina tidak memiliki pemahaman penuh tentang mengapa uang itu mungkin ditahan. Mereka juga menyebut telah mengangkat masalah ini dalam setiap pertemuan selama perjalanan mereka.

Keputusan itu, dan panggilan telepon Trump dengan pemimpin Ukraina untuk membahasnya, menjadi pusat penyelidikan Trump yang mengarah pada pemakzulannya oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin Demokrat akhir tahun lalu. Senat yang dipimpin Partai Republik membebaskan Trump pekan lalu. Pembelaannya menyatakan bahwa uang itu telah ditahan karena korupsi di Ukraina, bukan untuk menekan Zelenskiy. Trump menegaskan panggilannya dengan Zelenskiy telah "sepenuhnya benar."

Manajer pemakzulan demokrat berpendapat bahwa Trump menahan uang untuk menekan Zelenskiy untuk menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden, saingan Demokrat untuk Trump ketika ia berusaha untuk ikut pemilihan kembali tahun ini, dan putra Biden, Hunter Biden, yang berada di dewan perusahaan Ukraina. Johnson adalah ketua, dan Barrasso dan Murphy adalah anggota, dari subkomite Senat tentang Eropa dan Kerja Sama Keamanan Regional.

Penulis: Redaksi

Editor: Shelma Rachmahyanti


Foto: Reuters/Leah Millis

Sumber: wartaekonomi

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

Usai Sidang Pemakzulan Trump, Senator AS Temui Presiden Ukraina

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya