0
Thumbs Up
Thumbs Down

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

Republika Online
Republika Online - Mon, 10 Feb 2020 13:41
Dilihat: 18
UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

JAKARTA -- Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Prof Kamaruddin Hidayat mengatakan, selama ini sudah banyak perguruan tinggi Islam negeri yang bagus di Indonesia. Bahkan, telah banyak melahirkan kaum intelektual yang kemudian melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Menurut dia, kaum intektual yang kuliah di luar negeri tersebut tentunya banyak yang dibiayai oleh negara. Mereka mendapat fasilitas dan kemewahan berupa beasiswa yang dananya berasal dari rakyat Indonesia.

Karena itu, sudah saatnya para intelektual Indonesia membalas budi terhadap rakyat dengan mengembangkan UIII. "Beasiswa itu kan dari rakyat, hanya lewat negara, sehingga kami terpanggil bagaimana kita membayar hutang kita dari masyarakat," ujar Prof Kamaruddin saat ditemui Republika di Sekretariat UIII, Lantai 2 Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (4/2).

Dia menjelaskan, ilmu pengetahuan yang diwariskan para pendahulu terus mengalir seperti air, tapi menjadi percuma jika tidak ada institusi yang menampungnya. Karena itu, menurut dia, pendirian UIII sangat penting untuk menampung berbagai keilmuan di Indonesia.

"Ilmu itu kan sekarang sesungguhnya kayak air, mengalir kemana-mana. Tapi kalau di sini tidak dibangun institusi ya ibarat hujan akan hilang begitu saja, makanya perlu dibangun institusi ini," ucapnya.

Namun, pendirian UIII tersebut bukan untuk menjadi pesaing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang sudah ada. UIII didirikan dengan tujuan untuk mengajarkan Islam rahmatal lil alamin, sehingga keislaman ini bisa meluas hingga ke berbagai belahan dunia.

Prof Kamaruddin menjelaskan, para intelektual dunia menyadari bahwa Indonesia sangat kaya pengalaman dan memiliki kekayaan budaya dan agama yang luar biasa. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak peneliti dari berbagai belahan dunia tertarik datang ke Indonesia untuk mempelajari Islam Indonesia.

"Banyak orang luar yang justru menyarankan, mestinya Indonesia itu punya universitas tempat orang luar datang ke sini. Tidak hanya menjadi tujuan wisata, tapi mestinya menjadi tujuan studi ilmu keislaman," katanya.

Menurut dia, Indonesia juga telah bayak berutang budi terhadap negara-negara yang memberikan beasiswa selama puluhan tahun kepada anak-anak Indonesia. Padahal, menurut dia, negara yang memberikan beasiswa tersebut sejatinya tidak lebih kaya dari Indonesia.

"Al-Azhar Mesir itu sudah berapa tahun ngasih beasiswa, padahal Indonesia lebih kaya dari Mesir. Tapi ketika mereka mau minta beasiswa ke sini, tidak ada skema, dan tidak ada kampus," jelasnya.

Prof Kamaruddin menambahkan, semestinya Indonesia sudah dari dulu membangun perguruan tinggi bertaraf Internasional. Karena itu, dia berharap UIII ke depannya bisa menjadi sebuah laboratorium keislaman khas Indonesia.

"Jadi kalau kita bicara tentang ekspresi keberagamaan di Indonesia, ekspresi budayanya, interaksi Islam dan budaya setempat, Islam dan modernisme, Islam dan politik, di Indonesia itu kaya sekali sebagai laboratorium," jelasnya.


Berita Terkait
  • UIII, Warna Baru Perguruan Tinggi Islam di Indonesia
  • Ground Breaking Museum Rasulullah Ditarget Akhir Bulan Ini
  • JK Didampingi Menang dan Menteri PUPR Kunjungi Proyek UIII
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

UIII, Balas Budi Kaum Intelektual Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya