0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 22 Sep 2020 20:34
Dilihat: 40
Jakarta

Tinkerlust meluncurkan strategi bisnis barunya untuk memperkuat posisinya sebagai online platform yang mempraktikkan dan mendukung gerakan sustainable fashion. Tak lagi menjadikan item preloved sebagai fokus utamanya, Tinkerlust kini mengajak brand lokal yang memiliki visi dan misi sejalan untuk menjual produknya di website Tinkerlust.com.

Alasan Tinkerlust mengadopsi strategi barunya ini karena banyaknya masyarakat di Indonesia terutama kaum wanita yang belum sepenuhnya sadar terhadap manfaat dari menerapkan sustainable fashion. Sementara, di luar sana banyak yang sudah mempraktikkan living minimalist salah satunya dalam berbelanja.

Baca Juga: Keren, Amartha Satu-satunya Fintech Tanah Air yang Tembus 250 Startup Paling Menjanjikan

Topik ini pun sedang hangat dibicarakan oleh semua industri tak terkecuali fashion industri di berbagai dunia karena bukan menjadi rahasia lagi bahwa industri ini adalah penyumbang sampah kedua tertinggi setelah industri minyak dan gas.

"Ini adalah salah satu bentuk kontribusi dalam mengurangi limbah fashion karena produk tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang," ucap Aliya Amitra, COO dan Co-Founder Tinkerlust.com, Selasa (22/9/2020)

Selain itu, memajukan pengrajin lokal dan pemberdayaan wanita juga menjadi salah satu alasan dari inisiasi baru ini.Peluncuran strategi baru ini ditandai melalui campaign "Local Heroes". Pada campaign ini turut serta 14 brand lokal yang memiliki nilai-nilai kebumian.

"Ke-14 brand yang kini sudah bergabung telah lama menerapkan praktik ramah lingkungan dalam proses perancangan hingga produksinya," ucap Samira Shihab, CEO sekaligus Co-Founder Tinkerlust.

Tinkerlust.com didirikan pada tahun 2015 untuk melayani kebutuhan wanita Indonesia dalam berjual beli barang-barang preloved fashion. Selain sebagai marketplace, Tinkerlust juga merupakan komunitas bagi public figure dan influencer yang aktif di dunia fashion, beauty, dan lifestyle. Tinkerlust.com sering kali berkolaborasi bersama dalam bentuk event maupun tempat bagi komunitas tersebut untuk berjualan preloved fashion mereka.

Pada tahun sebelumnya, Tinkerlust turut menjadi mitra Jakarta Fashion Week 2020 dan menggandeng 3 desainer Tanah Air, yaitu Jenahara Nasution, Alexalexa, dan Hakim Satrio serta Riyam Handayani untuk mengangkat konsep upcycling fashion lewat pagelaran "A Story of Second Chances". Di tahun yang sama, Tinkerlust juga meluncurkan fitur terbarunya, Tinkerjoy, sebuah layanan rental berbasis subscription.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Andreas Fitri Atmoko

Sumber: wartaekonomi

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

Ubah Strategi Bisnis, Startup Fashion Tinkerlust Ubah Fokus Produk

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya