0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Republika Online
Republika Online - Tue, 07 Apr 2020 06:28
Dilihat: 26
Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh: Dr Mochamad Wahyudi MM, MKom, MPd

Rektor Universitas Bina Sarana Informatika

Wabah virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, mengakibatkan seluruh masyarakat Indonesia harus menerapkan physical distancing dalam semua kegiatan, termasuk kegiatan di sektor pendidikan. Berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan physical distancing dengan melaksanakan kegiatan belajar secara online (daring).

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sebagai universitas yang telah menerapkan pembelajaran secara blended learning berbasis e-Learning sebelum pendemi terjadi, tentunya tidak kaget dan telah siap jika semua mata kuliah dilakukan secara e-learning.

Hal ini juga berlaku bagi para dosen di lingkungan kampus UBSI. Mereka tetap melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal dan tugas masing-masing, namun dilakukan secara daring dari rumah (Work From Home atau WFH).

Begitupun dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga poin penting yaitu pendidikan dan pengajaran; penelitian; dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika, terutama mahasiswa dan dosen.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi prihal Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, dihimbau kepada semua peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan aspek keselamatan peneliti, orang lain, serta lingkungan selama pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015.

Berkaca pada Surat Edaran tersebut, di tengah wabah pandemi COVID-19, para dosen di lingkungan UBSI, tetap dapat melaksanakan kegiatan Tri Dharma tersebut walaupun dilaksanakan secara daring.

Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah dilakukan di antaranya yaitu tetap melakukan pendidikan dan pengajaran secara daring dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS), penggunaan Google Classroom, aplikasi Zoom Meeting ataupun dengan membentuk Whats App/Telegram Group antara dosen dan mahasiswa agar tetap dapat berkomunikasi dan berdiskusi. Kemudian untuk kegiatan seminar dapat dilakukan secara daring melalui Channel Youtube dan mengikuti berbagai macam kegiatan workshop yang diselenggarakan melalui video conference dengan aplikasi Zoom.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah "BSI Peduli" yang merupakan bentuk kepedulian UBSI terhadap masyarakat di saat pandemi COVID-19. Kegiatan ini merupakan wujud dari pengabdian pada masyarakat. Bentuk kegiatan ini dengan menerima partisipasi para donatur untuk disalurkan kepada masyarakat dan tenaga medis yang terdampak wabah virus COVID-19 dalam bentuk masker, cairan disinfektan, multivitamin, hand sanitizer dan makanan.

UBSI akan tetap melakukan yang terbaik selama WFH ini dengan melakukan koordinasi dan evaluasi secara berkala yang dilakukan semua dosen, guna mempertahankan mutu pengajaran yang berkualitas dan tetap mampu menjalankan Tri Dharma dengan baik di tengah wabah COVID-19.

*) Dr Mochamad Wahyudi MM, MKom, MPd adalah Rektor Universita Bina Sarana Informatika (UBSI).

Berita Terkait
  • KPAI: Lingkungan Harus Ikut Jaga Anak dari Covid-19
  • Begini Cara Tepat Gunakan Disinfektan dan Antiseptik
  • Data Pusat dan Daerah Beda, Komisi IX: Dari Awal Diragukan
Berita Lainnya
  • Tujuh WNI Sembuh Covid-19 di Singapura
  • Hukum Menggunakan Hand Sanitizer Beralkohol

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

Tri Dharma Perguruan Tinggi di Tengah Pandemi COVID-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya