0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

slidegossip
slidegossip - Fri, 07 Jan 2022 19:49
Dilihat: 169
Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

- Baru-baru ini publik dikejutkan dengan pernyataan desainer kondang tanah air, Ivan Gunawan yang mengumumkan bahwa dirinya mengadopsi boneka arwah atau disebut juga dengan spirit doll. Sejak itu, pamor spirit doll di kalangan selebritis pun tampaknya semakin bersinar.

Spirit doll (pikiran-rakyat.com)

Adanya tren spirit doll, tak pelak juga membuat banyak netizen yang penasaran mengenai bagaimana cara si orang tua asuh memasukkan arwah ke dalam boneka. Benarkah tren ini sampai harus melibatkan perjanjian dengan jin?

Menjawab rasa penasaran banyak orang, Roy Kiyoshi yang dikenal dengan kemampuan indigonya, akhirnya mengungkapkan bagaimana proses orang tua asuh mendapatkan arwah yang nantinya "ditransferkan" ke dalam spirit doll.

Hal tersebut dijelaskan Roy Kiyoshi saat berbincang dengan presenter Olla Ramlan beberapa waktu lalu. "Jadi boneka arwah tuh emang udah diisi (arwah) atau emang sengaja di masukkan ke situ?" tanya Olla Ramlan yang merasa penasaran.

Roy Kiyoshi akhirnya membenarkan jika boneka-boneka arwah yang kini dimiliki para selebritis pada awalnya sebenarnya tidak memiliki energi apapun. Namun, karena para orang tua asuhnya ingin merawat dan mengasuh layaknya manusia yang hidup, boneka pun sengaja diisi arwah.

Pemindahan arwah tersebut bahkan dijelaskan Roy Kiyoshi sampai harus melibatkan bantuan dukun, dan tentunya dengan melakukan ritual-ritual khusus. "Diisi lewat dukun, sama lewat ritual-ritual gitu," ucap Roy Kiyoshi.

Sementara itu, dikutip dari kanal YouTube Opra Entertainment, Roy Kiyoshi sempat meluruskan jika tren boneka arwah ini awalnya ramai ditekuni di Thailand. Hal itu lantaran dahulu di Thailand banyak arwah dari hasil aborsi. "Di Thailand, jadi mereka akan melakukan ritual-ritual apapun itu, jadi di masukan arwah-arwahnya," kata Roy Kiyoshi.

Untuk menahan arwah di dalam boneka agar tak berpindah-pindah, maka boneka arwah pun harus dilukis dengan sebuah mantra. "Nanti ada mantra-mantra di jidat boneka," jelas Roy Kiyoshi lagi.

Olla Ramlan yang bersanding dengan boneka arwah milik Roy Kiyoshi sampai mengaku merinding. Olla mengaku bisa ikut merasakan energi yang ada di dalam boneka tersebut.

Boneka arwah yang diadopsi beberapa artis dan selebritis tanah air saat ini menjadi ramai diperbincangkan. Lantas bagaimana pendapat ulama mengenai hal ini? Apakah memiliki dan merawat boneka arwah diperbolehkan dalam agama Islam?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustadz Khalid Basalamah pun memberikan penjelasannya. Seperti diketahui, beberapa artis seperti Ivan Gunawan, Ruben Onsu hingga Celine Evangelista mengadopsi boneka arwah, yang merupakan boneka yang berbentuk bayi atau anak kecil.

Boneka arwah disebut-sebut berbeda dengan boneka yang biasa dimainkan oleh anak-anak, karena yang merawat boneka atau spirit doll ini adalah orang dewasa. Apakah orang-orang dewasa ini memang membutuhkan boneka arwah sebagai teman ataukah hanya sekedar ikut-ikutan tren saja?

Menurut Ustad Khalid Basalamah dalam sebuah ceramah, hal itu sebenarnya tidak perlu dilakukan dan orang dewasa harusnya dapat menghindari boneka arwah. Menurutnya, akan lebih baik jika menikah dan memiliki hubungan dengan sesama manusia. "Tidak ada manfaat sama sekali. Lebih baik dihindari. Boneka gak usah, nikah dengan manusia," ucapnya.

Ustad Khalid Basalamah juga menjelaskan, bahwa memang tidak ada larangan dari Rasulullah SAW soal boneka untuk anak-anak. Namun, memang harus dipakai bermain buat anak-anak dan bukan hanya dipajang. "Tapi saya selalu mengambil jalan aman, memangnya kenapa kalau anak-anak tidak dikasih boneka? Apalagi ini orang dewasa, untuk apa pakai boneka?," ujar Ustad Khalid Basalamah.

Ustadz Khalid Basalamah juga menjelaskan bahwa boneka memang tidak dipermasalahkan jika dibuat untuk mainan anak-anak. Namun, jika digunakan oleh orang dewasa, apalagi bonekanya berbentuk makhluk hidup, seperti boneka arwah, maka seharusnya hal itu dihindari.

Dewasa ini muncul fenomena adopsi boneka arwah atau spirit doll yang diyakini dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya, terutama di kalangan artis dan selebritis. Tak mengherankan jika banyak orang yang kemudian jadi penasaran akan berbagai hal, salah satunya soal harga boneka arwah.

Boneka arwah konon disebut sebagai boneka yang dimasuki atau menjadi tempat bersemayam arwah orang-orang yang sudah tiada. Namun di balik itu, rupanya boneka arwah juga dibanderol dengan harga yang fantastis. Sebenarnya, berapa kisaran harga boneka arwah yang saat ini banyak diadopsi para artis dan selebritis itu?

Mulai dari Ivan Gunawan hingga Celine Evangelista sempat menunjukkan koleksi boneka arwah masing-masing. Keduanya mengadopsi boneka arwah dari Furi Harun, seorang kolektor boneka arwah terkenal yang juga dijuluki sebagai 'Mother of Spirit'. Hal yang kemudian jadi sorotan adalah bagaimana mereka sama-sama menganggap dan merawat boneka arwah itu seperti anak kandung.

Banyak hal yang kemudian jadi pertanyaan para netizen. Salah satunya, seberapa mahal harga boneka arwah tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, kemunculan pertama boneka arwah terjadi pada tahun 2014 di Thailand. Karena keunikannya, banyak orang yang akhirnya berminat dan membuat boneka arwah ini laris di pasaran. Bahkan saat ini, kita dapat dengan mudah menemukan online store yang menjual boneka arwah di berbagai marketplace di Indonesia.

Melalui tayangan program 'Sosok' belum lama ini, Furi Harun membeberkan kisaran harga boneka arwah yang ternyata bervariasi. Ia menyebutkan bahwa harga boneka arwah dipatok mulai dari Rp500 ribu hingga ratusan juta rupiah.

Selain membocorkan pasaran harga boneka arwah, Furi Harun yang juga rupanya membuka layanan adopsi boneka arwah, termasuk memberi syarat khusus untuk para calon adopter-nya. Siapa pun dapat mengadopsi boneka arwah dari Furi Harun asalkan harus sesama kolektor boneka arwah dan mampu merawat boneka tersebut. Selain itu, poin yang paling penting adalah tidak menyalahgunakan boneka arwah untuk hal-hal negatif seperti misalnya untuk mencelakai orang lain.

Penjualan boneka arwah oleh online shop di salah satu ecommerce diketahui menawarkan "Open Adopt Boneka Arwah Good Spirit Doll Perempuan 24 inchi". Selain mencantumkan harga boneka arwah, penjual juga memberi keterangan dan informasi lengkap tentang manfaat dari mengadopsi boneka arwah untuk menarik minat calon pembeli.

Seperti diketahui, para orang tua atau adopter memang memperlakukan boneka arwah tersebut seperti layaknya anak manusia. Dikutip dari akun Instagram milik @randikedjora, terlihat sesosok boneka arwah yang ia beri nama Fitri duduk di depan sebuah minuman bersoda lengkap dengan sebuah sedotan berwarna putih. Saat kamera di zoom ke arah sedotan, terlihat minuman bersoda itu menetes dan jatuh ke mangkok yang menjadi alas agar cairan soda tidak membasahi sofa.

Sang pemilik akun yang juga merupakan adopter dari boneka arwah tersebut mengatakan bahwa Fitri tak terlalu banyak minum karena sudah kenyang. Meski begitu, Fitri tetap meminum minuman bersoda tersebut meski hanya sedikit.

"Tadi malam kita coba kasih Fitri minum jam 2 malam sambil kita rekam. Tapi Fitri minumnya tidak banyak guys. Jadi minumnya itu sedikit-sedikit, setetes dua tetes tapi minum," ujar si pemilik akun.

"Kemungkinan Fitri semalam sudah banyak minum di dalam mobil karena pas dia didudukan di dalam mobil sambil dikasih minuman banyak," sambungnya.

Yang mengejutkan, pada pagi harinya, ia melihat sudah cukup banyak air soda yang tumpah ke mangkok. Hal itu menjadi pertanda bahwa boneka yang ia adopsi meminum sedikit demi sedikit air soda tersebut.

"Dan kalian harus tahu, pagi ini aku cek, kalian lihat minumnya udah banyak tumpah. Mungkin tadi malam, kemungkinan Fitri itu malu direkam, atau memang dia udah kenyang, karena tadinya penuh," jelasnya.

Melihat video tersebut, beberapa netizen mengaku tidak percaya jika Fitri benar-benar meminum minuman bersoda yang ada di hadapannya. Kendati demikian ada pula yang terlihat meledek Fitri lantaran tubuhnya semakin gemuk akibat terlalu banyak meminum minuman bersoda.

Maraknya selebritis tanah air yang mengadopsi boneka arwah akhir-akhir ini, membuat masyarakat heboh. Bukan sekadar mainan, tak sedikit yang menganggap boneka arwah tersebut sebagai pelindung, salah satunya adalah Lucinta Luna.

Dalam tayangan YouTube Gosip Ceria pada 24 Oktober 2021, Lucinta mengaku lelah dan merasa berat dengan khodam yang ada pada dirinya. Untuk itulah akhirnya ia pun memutuskan membeli boneka arwah yang jati dirinya mirip dengan khodam yang diyakininya ada di dalam tubuhnya.

Lucinta Luna sampai menyebut boneka arwahnya adalah khodamnya yang berpindah tempat. Boneka miliknya didandani dengan seragam sekolah yang ternyata memiliki kisah tersendiri. "Kenapa dia pake baju sekolah SMP? Jadi karena memang ceritanya dia waktu itu dihabisi nyawanya waktu dia pulang sekolah, jadi sampai saat ini dia menemani aku," tuturnya.

Meski Lucinta Luna mengaku takut, tetapi menurutnya kecuali pada yang berniat jahat terhadapnya, boneka arwah miliknya itu selalu berlaku baik dan melindungi dirinya. Ia bahkan selalu membawa ke mana-mana boneka yang disebutnya bisa mengetahui hal-hal yang akan terjadi itu.

Lucinta mengaku merasa hoki dan lebih sensitif dengan dunia ghaib sejak memiliki boneka arwah. Bukan itu saja, apa yang dimakan olehnya, maka boneka arwahnya pun harus memakannya juga. Menurutnya boneka arwah tersebut selalu memberitahu sesuatu lewat mimpi.

Lucinta Luna juga menjelaskan untuk merawat boneka arwahnya itu, ia rajin membawanya ke salon dan mendandaninya. Tidak ada ritual khusus tapi ia suka mengelus rambutnya dan mengajak ke mal boneka yang dinamainya Fitri Khodam itu. Lucinta menyebut arwah di dalam bonekanya berasal dari Semarang yang semasa hidupnya dihabisi ketika pulang sekolah.

Sumber: slidegossip

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

Tren Boneka Arwah di Kalangan Artis! Bolehkah Dalam Agama Islam? Ini Jawaban Ustadz Khalid Basalamah!

  
Berita Trending Artis & Selebriti
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya