0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

Republika Online
Republika Online - Wed, 23 Sep 2020 18:02
Dilihat: 48
Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

WONOSOBO -- Para tokoh agama maupun tokoh masyarakat di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah bersepakat untuk mendukung gerakan pencegahan Covid-19, salah satunya dengan upaya syiar keagamaan.

"Upaya untuk menggandeng kalangan pemuka agama dan tokoh masyarakat merupakan ikhtiar bersama untuk menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo yang terus bertambah," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo Eko Suryantoro usai rapat koordinasi bersama Kementerian Agama, MUI, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Rifaiyah, Persatuan Gereja dan paguyuban Radio se-Wonosobo di Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo, Rabu (23/9).

Kasus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo secara kumulatif mencapai 487 orang, delapan diantaranya meninggal dunia. Eko menilai keterlibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Wonosobo akan lebih efektif, mengingat kondisi sosial kultural warga Wonosobo dikenal masih sangat dekat dengan para alim ulama.

Mengingat hal tersebut, pemerintah kemudian menerbitkan maklumat bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, dan pemulasaraan jenazah di masa pandemi Covid-19. Selain itu, upaya dialogis juga dikedepankan, salah satunya dengan menggandeng para pemuka agama dan tokoh publik untuk duduk bersama guna membahas langkah-langkah strategis agar masyarakat lebih sadar dengan pentingnya protokol kesehatan.

"Pada intinya kami berupaya mengajak seluruh pihak, termasuk pemuka agama dan tokoh masyarakat agar turut berpartisipasi aktif dalam mencegah penyebaran virus corona melalui syiar-syiar keagamaan di lingkungan masing-masing," katanya.

Ia menuturkan dari rembug bersama tersebut, sejumlah usulan dari para tokoh agama maupun tokoh masyarakat dan perwakilan radio akan membantu pemerintah dalam upaya penyebarluasan edukasi kepada publik terkait ketaatan terhadap protokol kesehatan. "Semua menyampaikan ide-ide positif yang membangun, di antaranya adalah mereka siap untuk memberikan imbauan melalui radio, baik dalam format sosialisasi maupun talkshow tematik," katanya.

Ia optimistis ke depan langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih taat terhadap aturan pemerintah terkait protokol kesehatan semakin terarah, sehingga upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 bakal tuntas lebih cepat.


Berita Terkait
  • RSKI Covid-19 Pulau Galang Hampir Penuh
  • Polda Metro Buka Hotline Pengaduan Pelanggar Covid-19
  • Berdosa Jika Sengaja Tularkan Virus ke Orang Lain
Berita Lainnya
  • Bea Cukai Sumbagtim Musnahkan 5,7 Juta Rokok Ilegal
  • Permintaan Maaf Ustaz Alfian Tanjung Jelang Peringatan G30S

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

Tokoh Agama Wonosobo Dukung Cegah Covid-19 Lewat Syiar

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya