0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

rumah123
rumah123 - Mon, 17 Jun 2019 08:02
Dilihat: 58
Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga RumahAda Empat Faktor yang Memengaruhi Harga Jual Rumah. Saat Ingin Membeli Hunian, Kamu Harus Memahaminya Supaya Bisa Menyiasatinya (Foto: Rumah123/Getty Images)[/caption]

Saat kamu membeli rumah terutama di pasar sekunder, ada empat faktor yang memengaruhi harga rumah sehingga menjadi lebih mahal. Kamu harus mengetahuinya sebelum membeli.

Wah, harga rumahnya mahal. Biasanya kamu melontarkan hal ini saat ingin membeli rumah baik baru atau pun lama. Padahal ketika kamu mengetahui penyebabnya, kamu akan mengerti kenapa harga rumah bisa mahal.

Situs Realtor.com memaparkan ada empat faktor yang menyebabkan harga rumah menjadi lebih mahal. Kamu mesti memahaminya sehingga bisa memanfaatkan celah saat mencari rumah murah.

Baca juga:Tips Beli Rumah: Saatnya Cari Hunian Murah Tanpa 5 Fasilitas Mahal

Empat faktor ini adalah kondisi pasar properti, lokasi rumah, fasilitas dalam rumah, serta usia dan kondisi rumah. Semuanya membuat harga rumah menjadi mahal.

Kamu bisa mempertimbangkan semua faktor ini. Mungkin kamu bisa mencari lokasi rumah yang masih berkembang, fasilitas yang tidak terlalu lengkap di dalam rumah, serta kondisi rumah yang biasa saja.

Nah, sebelum membeli hunian, coba lihat dulu empat faktor ini. Jangan membeli sebelum memahaminya ya.

Baca juga:Tips Beli Rumah: Pilih Lokasi Atau Kemudahan Transportasi?

Kondisi Pasar Properti

Biasanya kalau jumlah hunian yang dipasarkan memang sedikit, harga rumah pasti akan naik. Kondisi seperti ini menjadi keuntungan para penjual alias pasar penjual atau seller's market. Hal ini berbanding terbalik dengan buyer's market. Biasanya di negara-negara Barat memang mengenal situasi dan kondisi seperti ini.

Jumlah rumah yang ada dan dipasarkan hanya sedikit. Para pembeli harus berebut. Penjual "memiliki keleluasan" untuk menaikkan harga jual.

Mungkin hal ini tidak kamu temui saat membeli rumah baru, namun biasanya terjadi pada penjualan hunian di pasar sekunder alias rumah lama. Kalau jumlah rumah memang terbatas, sementara pembeli banyak, pastinya harga bisa naik.

Lokasi Rumah

Lokasi rumah memang bisa berarti segalanya saat membeli rumah. Jika bicara lokasi rumah tentunya tidak hanya soal kawasan tetapi juga sekitarnya.

Rumah yang berada di kawasan yang sama, namun berbeda jalan bisa memiliki harga berbeda. Rumah yang berada di jalan besar memang strategis, namun juga berisik karena polusi suara dari kendaraan yang melintas. Hal ini tentu berpengaruh terhadap harga rumah.

Lokasi juga terkait dengan dekatnya rumah dengan sejumlah fasilitas umum dan sosial seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, restoran, akses ke transportasi massal, dan masih banyak lagi. Jika dekat, wajar kan kalau harga rumah mahal?

Fasilitas Dalam Rumah

Fully furnished dengan semi furnished tentu berbeda kan, apalagi dengan rumah yang kosong. Rumah yang dipasarkan berikut furnitur biasanya masih jarang di Indonesia ya.

Namun, kalau semi furnished dengan kitchen set lengkap biasanya sudah lazim, apalagi untuk apartemen. Kitchen set sudah tentu mendongkrak harga jual rumah.

Jangan lupa juga sederetan fasilitas lain seperti sanitary ware yang mahal alias peralatan kamar mandi, water heater, piranti rumah pintar, CCTV, dan lainnya. Kalau ada piranti smart home, tentunya membuat harga jual rumah lebih mahal. Jadi kalau kamu mau membeli rumah, pastikan apakah kamu membutuhkan piranti ini atau tidak.

Usia Dan Kondisi Rumah

Rumah memang investasi yang unik. Rumah lama bisa berharga lebih mahal, meski sebenarnya yang mahal adalah harga tanah, sementara nilai bangunan sudah menurun.

Rumah lama memang bisa lebih mahal, tetapi juga harus mempertimbangkan kondisi. Jika rumahnya sudah dalam kondisi tidak terawat tentunya harganya tidak bisa mahal. Lain cerita ketika rumah memang sudah lama, tetapi kondisinya bagus.


Jadi kalau kamu ingin membeli rumah murah, kamu mesti mengetahui usia bangunan dan kondisi rumah. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan hunian yang murah.

]]>
Sumber: rumah123

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

Tips Beli Rumah: 4 Faktor Yang Pengaruhi Harga Rumah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya