0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Republika Online
Republika Online - Sat, 08 May 2021 20:34
Dilihat: 75
Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

JAKARTA -- Platform distribusi video singkat Tiktok Indonesia meluncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar. Program bertujuan membantu para guru dan orang tua dalam membuat video edukasi di Tiktok.

Peluncuran buku merupakan rangkaian kolaborasi Tiktok bersama Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI). Dengan begitu, tenaga pengajar bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan cara kreatif.

Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Mendagri, Menkes, dan Menag telah membuat Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Mulai Juli 2021, kegiatan pembelajaran wajib menggabungkan metode pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kerja sama antarguru di sekolah dengan orang tua atau wali yang menjadi pengajar di rumah pun menjadi semakin penting untuk menyukseskan kegiatan belajar bagi peserta didik. Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Periode 2016-2021 Muhammad Ramli Rahim mengatakan kolaborasi menjadi kunci utama.

Ramli yang juga menjadi Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia mengatakan guru dan orang tua atau wali menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan. Mereka perlu selalu beradaptasi dan berinovasi agar peserta didik tetap semangat menimba ilmu.

"Buku panduan dari Tiktok yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh tenaga pengajar dan orang tua yang menjadi pengajar di rumah, tentu akan memudahkan mereka dalam mengemas konten pendidikan yang lebih kreatif," kata Ramli lewat pernyataan resminya.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar menghadirkan tip membuat konten di Tiktok, seperti cara-cara menggunakan fitur-fitur Tiktok. Pengguna pun dapat membuat konten edukasi lebih menarik beserta video contoh yang diberikan salah satu kreator.

Ada juga tip bagaimana memaksimalkan akun Tiktok beserta ragam konten edukasi yang ada di Tiktok. Dikemas dalam bahasa yang sederhana dan tampilan yang menarik, buku diharapkan dapat menjadi sumber informasi dasar dalam menghasilkan konten di platform Tiktok.

Head of Operations Tiktok Indonesia Angga Anugrah Putra menyampaikan, program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan pada Hari Pendidikan Nasional memiliki tujuan memberikan akses kepada semuanya untuk belajar di mana saja dan kapan saja melalui video singkat.

"Hadirnya Buku Panduan #SamaSamaBelajar yang dapat diakses dengan mudah ini telah mengejewantahkan misi kami tersebut, sekaligus mendorong semakin banyak orang untuk menghasilkan konten edukasi di Tiktok," ujar Angga.

Buku Panduan #SamaSamaBelajar dapat diakses secara gratis di situs Ikatan Guru Indonesia dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia mulai 5 Mei 2021. Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dari tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi Tiktok.

Sebelumnya, Tiktok Indonesia bersama IGI dan JSDI menggelar webinar pelatihan mengenai konten edukasi kepada lebih dari 2.000 guru di 10 wilayah di Indonesia. Lokasinya tersebar di Aceh, Banjarmasin, Maluku, Flores Timur, dan Papua.

Berita Terkait
  • ByteDance di Beijing Nyatakan Belum Berencana Lakukan IPO
  • Tren Perempuan Main TikTok dan 3 Ciri Perempuan Mulia
  • 10 Lagu TikTok Viral 2021, Banyak Hits Lama Populer Lagi
Berita Lainnya
  • Johan Budi: Alih Status tak Bisa Berhentikan Pegawai KPK
  • Klopp Tetap Merasa Badai Cedera Penyebab Timnya Gagal Juara

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

Tiktok Gandeng Guru Rilis Buku Panduan Pembuatan Video

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya