0
Thumbs Up
Thumbs Down

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

Republika Online
Republika Online - Fri, 07 May 2021 11:32
Dilihat: 85
Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

WASHINGTON -- Teleskop Luar Angkasa Hubble mengamati eksoplanet bernama PDS 70b saat sedang mengumpulkan massa di sistem bintangnya yang jauh. Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan eksoplanet mengumpulkan gas dan debu secara perlahan saat membangun massanya selama jutaan tahun.

Para peneliti menggunakan Hubble untuk secara langsung mengukur laju pertumbuhan massa PDS 70b untuk pertama kalinya menggunakan sensitivitas ultraviolet teleskop luar angkasa. Instrumen ini mampu menangkap radiasi yang diciptakan oleh gas yang sangat panas yang jatuh ke planet ini.

Dilansir dari Slashgear, Senin (3/5), eksoplanet adalah dunia yang berukuran Jupiter yang mengorbit bintangnya pada jarak yang kira-kira sama dengan Uranus mengorbit Matahari. PDS 70b bergerak melalui massa gas dan debu saat mengorbit bintangnya.

Para astronom mengatakan planet tersebut mulai terbentuk sekitar 5 juta tahun yang lalu. Para astronom percaya itu mungkin mendekati akhir dari proses pembentukannya.

Mengamati planet memberi para astronom cara baru untuk mempelajari pembentukan planet. Mereka percaya planet ini dapat membantu astronom lain untuk mempelajari bagaimana raksasa gas berbentuk di tata surya yang terpencil.

Saat ini, para ilmuwan tidak mengetahui banyak tentang bagaimana planet gas raksasa terbentuk. Sistem planet memberikan kesempatan untuk menyaksikan materi jatuh ke planet dan membuka area baru untuk penelitian planet jenis ini.


PDS 70b juga merupakan salah satu dari sedikit eksoplanet yang dicitrakan langsung oleh teleskop. Dari 4000 eksoplanet yang telah dikatalogkan, hanya 15 yang telah dicitrakan secara langsung hingga saat ini oleh teleskop.

Para ilmuwan mencatat bahwa eksoplanet sangat jauh dan kecil sehingga biasanya hanya berupa titik, bahkan dalam foto terbaik yang diambil.Tim menggunakan teknik baru melalui Hubble untuk langsung mencitrakan PDS70b, membuka rute baru untuk peneliti eksoplanet di masa depan.

PDS 70b mengorbit bintang kurcaci oranye yang disebut PDS70. Bintang ini diketahui memiliki dua planet yang aktif membentuk di dalam cakram debu dan gas masif yang mengelilingi bintang. Sistem ini berjarak sekitar 370 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Centaurus.

Berita Terkait
  • Mars, NASA dan Jalur Gaza
  • NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun
  • Elon Musk: Roket Siap Bawa Manusia ke Bulan Tahun 2024
Berita Lainnya
  • Mudik Dilarang, KAI Hanya Operasikam 19 KA Jarak Jauh
  • OJK: Kecukupan Modal Perbankan Masih Terjaga

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

Teleskop Amati Planet Saat Kumpulkan Gas dan Debu

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya