0
Thumbs Up
Thumbs Down

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

Republika Online
Republika Online - Sun, 23 Feb 2020 06:14
Dilihat: 220
Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

JAKARTA -- Era jaringan 5G bertahap sudah dilakukan. Jaringan 5G tak hanya berdampak pada ponsel saja, tetapi juga rumah, transportasi dan tempat kerja, serta mengancam pekerjaan jutaan orang.

Teknologi baru berbasis 5G akan mengendalikan mobil tanpa pengemudi, menghadirkan panggilan telepon hologram, dan menciptakan realitas di mana saja.

Uji coba di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, 5G memberikan kecepatandata hingga 1.000 Mbps per detik. Ini 25 kali lebih cepat dari kecepatan 4G dan berpotensi meningkat kecepatan hingga 10Gbps.

Suatu hari nanti, seseorang bisa mengunduh film berdurasi dua jam ke ponsel hanya dalam waktu 3,6 detik. Para ahli menyebutnya sebagai inovasi teknologi terbesar, sejak keberadaan internet. Namun, ada sisi negatifnya juga dari pemanfaatan 5G.

Dilansir di The Sun, Internet Of Things (IoT) dimungkinkan pada jaringan baru yang sangat cepat. Artinya mesin akan saling berbicara secara otonom, tanpa keterlibatan kita.

Di rumah, lemari es pintar akan menggunakan sensor untuk mencari tahu ketika kita sudah kehabisan bahan makanan, kemudian dapat melanjutkan ke internet untuk memesan barang-barang.

Di beberapa supermarket, rak pintar berinteraksi dengan aplikasi di smartphone, dengan sensor yang terpasang di dalamnya menginformasikan penawaran, rincian nutrisi, dan harga.

Perangkat realitas virtual yang menggunakan 5G akan merevolusi komunikasi dengan kerabat di tempat yang jauh. Nantinya, kita dapat mengobrol dengan mereka sebagai hologram.

"5G akan membuat dunia lebih mudah dan lebih efisien dalam kehidupan sehari-hari," kata Kepala Pusat Inovasi 5G di Universitas Surrey Profesor Rahim Tafazolli.

Alat berbasis 5G juga akan membuat dunia kedokteran berubah. Perangkat berbasis 5G memungkinkan ahli bedah melakukan operasi ribuan mil jauhnya. Petugas medis kurang berpengalaman juga dapat menjahit luka dan membuat sayatan di bawah instruksi ahli dari spesialis yang bekerja di rumah sakit terpisah, bahkan mungkin dari benua lain.


Jaringan 5G memungkinkan pasien dirawat di rumah sakit setempat, dengan spesialis yang berada di tempat lain mengawasi perawatan melalui internet. Perubahan juga akan mengubah cara orang dirawat, memungkinkan orang yang rentan, tetapi ingin tinggal di rumah untuk terus mendapat perawatan.

Editor dari The Sun Daniel Jones mengatakan Inggris memimpin dengan 5G. Dengan salah satu jaringan terbesar dan tercepat, perusahaan-perusahaan Inggris dapat memimpin dalam menciptakan gawai dan layanan yang memanfaatkan teknologi pengubah permainan ini.

Berita Terkait
  • Ponsel 5G Diperkirakan Bakal Terjual Hingga 199 Juta di 2020
  • Indonesia Belum Gelar 5G, China Sudah Lirik 6G Saja Nih! Lebih Cepat 8 Ribu Kali dari 5G
  • Ditekan AS, Inggris Cari Solusi Penggunaan 5G Huawei
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

Teknologi 5G akan Mengubah Kehidupan Manusia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya