0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

Republika Online
Republika Online - Tue, 18 Jun 2019 23:43
Dilihat: 42
Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

JAKARTA -- Madinah al-Zahra bisa dikatakan bercita rasa lokal dan tak memiliki kesamaan prinsip arsitektur dengan kepempimpinan Islam saat itu. Kota ini tak memiliki sumbu sentral dan tidak banyak ditemukan bagian-bagian simetris, seperti yang banyak dijumpai pada struktur bangunan era Abbasiyah. Namun, model arsitektur Madinah al-Zahra yang kemudian dikenal luas ikut membawa pengaruh setelah masa-masa reformasi perkotaan pada pertengahan abad ke-10 atau 15 tahun setelah kota ini berdiri.

Kontras pula dengan Alcazar yang sengaja dibuat memiliki dinding sebagai benteng sejak awal, Madina al-Zahra sengaja dibuat terbuka setidaknya hingga akhir masa Kekhalifahan Abdul Rahman III.

Kota ini tumbuh dan berkembang pada laju yang sama dengan evolusi institusi khalifah dan negara. Inilah yang menjelaskan mengapa pusat administrasi dan balai pertemuan politik khalifah menjadi penting. Konstruksi semacam ini yang kemudian mengubah perencanaan area urban dan arsitektur Alcazar dengan dua tujuan utama, yaitu sentralisasi institusi administratif dan adaptasi istana untuk bentuk baru kekhalifahan.

Di luar itu, ada bangunan baru yang tak biasa di Alcazar dan tidak pernah ditemui pada zaman Madinah al-Zahra, seperti ruang Basilica yang diduga merujuk pada Dar al-Yund (rumah militer) yang merupakan sebuah bangunan besar dengan lantai persegi dengan pilar-pilar. Bangunan ini terletak di area atas dalam jenjang area Madinah al-Zahra.

Selain itu, ada pula sebuah bangunan lain yang diidentifikasi sebagai Dal al-Wusara yang diperuntukkan bagi para pejabat penting negara. Bangunan ini terletak di lahan luas yang bisa diakses pasukan kavaleri dan diperuntukan menjadi aneka prosesi keistanaan. Bangunan ini berperan penting dalam perkembangan seremonial kekhalifahan dan sekaligus menjadi ruang tunggu bagi para duta besar atau pejabat lain dalam jamuan politik khalifah.

Tak jauh dari itu, terletak Dar al-Wusara di mana para pejabat negara ditatar. Di sini juga terdapat aktivitas pengarsipan dokumen politik.

Pengelompokan bangunan ini menunjukkan sentralisasi administrasi yang harus terhubung dengan pusat layanan negara yang dibentuk Khalifah Abdul Rahman III pada 955.

Kompleks ini juga memiliki ruang gambar yang sayangnya hancur. Ruang ini dikelilingi empat kolam dan sebuah paviliun utama serta sebuah ruang samping yang dikelilingi taman.

Area kunci lain di Madinah al-Zahra adalah balai pertemuan yang dibangun Khalifah Abdul Rahman pada 953-957. Ruangan ini diidentifikasi sebagai maylis al-sarqi (ruang timur) di mana biasanya dengar pendapat dengan para duta besar digelar, juga menjadi tempat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Di tempat ini pula, para tamu penting dari Mediterania, Kerajaan Jerman, hingga Kerajaan Kristen pernah diterima.

Bagian paling unik dari bangunan-bangunan di sana adalah dekorasi dan ornamen unik di muka bangunan. Hal paling inovatif saat itu adalah ruangan bawah yang ditopang tiang-tiang dan sejumlah ornamen dekoratif yang sekilas tampak seperti batang-batang pohon dengan daun tersusun. Bangunan ini memang banyak dihiasi karya seni bertema tumbuhan, yang menunjukkan kentalnya pengaruh era Abbasiyah. Ornamen lain yang terlihat adalah motif bintang-bintang yang menyimbolkan alam semesta dan interpretasi kode astronomi.


Berita Terkait
  • Tiga Warisan Peradaban Islam di Spanyol
  • Warisan Islam di Spanyol
  • Sejarah Baru Islam di Eropa Usai Runtuhnya Umayyah
Berita Lainnya
  • Mahasiswa UM Ubah Lumpur Jadi Penyerap Logam Berbahaya
  • Ranieri Berharap yang Terbaik untuk Pelatih Roma Berikutnya

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

Tata Kota Madinah al-Zahra, Seperti Apa?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya