0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

inilahcom
inilahcom - Mon, 25 Nov 2019 18:48
Dilihat: 45
Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

Jakarta - Kelas Pintar, solusi belajar online dari PT Extramarks Education Indonesia menggelar workshop bertema 'Guru Kreatif, Guru Masa Kini di Era Industri 4.0', bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Workshop yang digelar sebagai bagian peringatan Hari Guru ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kelas Pintar, terutama memangkas disparitas pendidikan berkualitas lewat teknologi.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Ida Nurbani termasuk pengawas dan komite sekolah.

"Guru memiliki posisi paling strategis. Mengingat pentingnya peran guru, perlu dicarikan strategi atau semacam cara khusus agar guru dapat berfungsi dengan semestinya sesuai dengan era saat ini," tutur Ida.

"Dalam proses pendidikan di sekolah, di mana kurikulum, guru, dan pembelajaran dari variabel utama, perang guru adalah sentralnya. Perannya tidak tergantikan. Teknologi hadir untuk meng-empower peran guru agar bisa men-deliver kurikulum pada siswa secara maksimal," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (25/11/2019).

Dia menuturkan, kehadiran teknologi untuk menguatkan peran guru merupakan keniscayaan. Terlebih, di era industri 4.0 ini guru dituntut lebih kreatif dalam proses belajar mengajar.

Sayang, guru juga punya rutinitas padat, mulai dari membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menyita waktu, membuat soal, memeriksa pekerjaan rumah, memeriksa hasil ujian, sampai memasukkan nilai di rapor. Tidak hanya itu, guru juga perlu mengejar jam mengajar agar bisa memperoleh sertifikasi.

"Guru Masa Kini di era industri 4.0 harus melek teknologi, agar lebih kreatif dan berkarakter. Khususnya dalam proses belajar mengajar, sebab siswa di era digital sekarang ini punya preferensi cara belajar yang beragam. Dominan adalah generasi visual, sehingga metode penyampaian materi juga perlu disesuaikan, perlu campur tangan teknologi di dalamnya," tutur Effie.

Lebih lanjut Uffie menuturkan dengan memanfaatkan teknologi, seorang guru dapat terbantu dalam berbagi hal, terutama dari penyedia aplikasi atau solusi pendidikan. Sebab, dapat membantu guru membuat materi yang ingin dibagikan, termasuk memperkaya penyampaian materi, bahkan dalam membuat soal.

Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi, seorang guru dapat terbantu dalam berbagai hal, terutama dalam penyediaan materi yang memudahkan guru mengajar sesuai karakter siswa. Hal ini penting karena dapat membuat pengalaman belajar siswa lebih menyenangkan, sebab sesuai dengan preferensi belajarnya.

Selain itu, ada pula Bunda Lucy Santioso, seorang psikologi anak. Menurutnya, guru berperan penting untuk memperhatikan karakter siswa agar hal yang dipelajari di sekolah mudah dipahami dan siswa dapat belajar dengan menyenangkan.

Solusi pendidikan itu juga dapat digunakan langsung oleh siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Jadi, baik siswa dan guru dapat dibekali dengan komputer, smartphone, atau tablet untuk mengakses materi langsung bersama-sama. Sebagai alternatif, dapat pula digunakan proyektor untuk menampilkan materi pelajaran.

Sumber: inilahcom

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

Tantangan Guru Menghadapi Industri 4.0

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya