0
Thumbs Up
Thumbs Down

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

genpi
genpi - Thu, 28 Oct 2021 08:25
Dilihat: 36

GenPI.co - Taiwan tidak berusaha untuk terlibat dalam perlombaan senjata dengan China tetapi perlu mempertahankan diri dan tidak tunduk pada tekanan.

Pernyataan itu dikeluarkan kementerian pertahanan negara itu dalam sebuah laporan kepada parlemen pada hari Rabu (27/10)

Ketegangan antara Taiwan dan China, yang mengeklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkat selama setahun terakhir.

Hel tersebut ditandai dengan manuver Beijing meningkatkan tekanan militer dan politiknya untuk memaksa Taipei menerima kedaulatan China.

Itu termasuk misi berulang oleh pesawat tempur China di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, atau ADIZ, yang mencakup area yang lebih luas daripada wilayah udara teritorial Taiwan.

China berada di tengah program modernisasi militer, membangun kapal induk baru dan pesawat tempur siluman. Sementara Taiwan juga meningkatkan pengeluaran militer, terutama untuk mengembangkan rudal dan kapal selam baru.

Dalam laporannya kepada parlemen, Kementerian Pertahanan Taiwan menggambarkan situasi di Selat Taiwan yang memisahkannya dari tetangga raksasanya sebagai "parah dan tidak stabil".

Taiwan juga menyebut tindakan militer China sebagai "provokasi".

"Taiwan tidak akan terlibat dalam perlombaan senjata dengan militer Komunis China dan tidak akan mencari konfrontasi militer, berharap untuk hidup berdampingan secara damai di selat itu," kata kementerian pertahanan.

Namun Taiwan menegaskan bahwa kawasan itu siap untuk menghadapi ancaman "Komunis China".

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan kedaulatan negara kami dan tidak akan pernah menyerah di bawah tekanan."

Apa yang disebutn kementerian iu sebagai "konfrontasi" antara Taiwan dan China akan "sulit diatasi dalam jangka pendek".

Militer akan berusaha untuk mengasah kemampuannya untuk memantau pesawat dan kapal China sehingga dapat bereaksi lebih awal.

Taiwan mengatakan akan bertukar intelijen dengan negara asing sehingga dapat sepenuhnya mengetahui situasi keamanan regional.

Berbicara sebelumnya pada hari Rabu di Beijing, seorang juru bicara pemerintah China menegaskan kembali tekad mereka untuk mencegah kemerdekaan formal Taiwan.

Negeri Tirai Bambu juga mengatakan akan membawa pulau itu di bawah kekuasaan China, sebaiknya secara damai.

Tetapi Ma Xiaoguang, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, menambahkan: "Kami tidak berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan dan mencadangkan opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan".

Taiwan yang diperintah secara demokratis mengatakan mereka adalah negara merdeka dan akan membela diri jika diserang.

Ketegangan telah memicu kekhawatiran internasional akan konflik yang dapat mengadu domba Amerika Serikat dan sekutunya melawan China.(*)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Sumber: genpi

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

Taiwan Tidak Tunduk, Bakal Mempertahankan Diri dari China

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya