0
Thumbs Up
Thumbs Down

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

wartaekonomi
wartaekonomi - Sat, 15 Jun 2019 14:00
Dilihat: 130
Jakarta

Beberapa taipan Hong Kong telah mulai memindahkan asset-aset personalnya ke luar negeri akibat khawatir dengan penerapan UU yang memperbolehkan ekstradisi ke China bagi penjahat yang tertangkap di Hong Kong. Demikian dikatakan oleh sumber-sumber dari kalangan pengacara, penasihat hukum, dan bankir yang mengetahui transaksi-transaksi tersebut, sebagaimana dilansir laman Reuters.

Salah seorang taipan, yang merasa dimusuhi secara politis oleh pemerintah, telah mulai memindahkan lebih dari US$100 juta dari Citibank Hong Kong ke akun Citibank Singapura.

"Hal-hal seperti ini sudah dimulai. Kami mendengar beberapa orang taipan mulai melakukan hal ini," penasihat hukum ini mengatakan, "Mereka khawatir Beijing akan memenjarakan serta menyita asetnya. Karena itu Singapura merupakan pilihan favorit."

Baca Juga: Eka Tjipta Widjaja, Taipan yang Membangun Imperium Bisnis dari Nol

Seperti diketahui, Singapura dan Hong Kong berkompetisi menjadi pusat finansial di Asia. Kekayaan yang dihimpun oleh taipan Hong Kong kebanyakan dalam bentuk kekayaan individual. Menurut laporan Credit Suisse, di Hong Kong saat ini ada 853 individual dengan kekayaan di atas US$100 juta, sekitar dua kali lipat dari Singapura.

UU ekstradisi ini memang menakutkan. Yang terkena, bisa saja penduduk Hong Kong, orang asing, WN China yang tinggal atau sedang berkunjung ke Hong Kong. Yang dikhawatirkan aturan ini akan membahayakan peraturan lain yang mendukung Hong Kong sebagai pusat finansial internasional.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengatakan bahwa UU diperlukan untuk menutup berbagai bolong-bolong yang bisa dimanfaatkan para kriminal dari China daratan yang ingin memanfaatkan status Hong Kong. Dia juga menjamin pengadilan akan mempertahankan hak asasi manusia (HAM).

Baca Juga: Antara Orang Kaya Nomor Satu dan Perihal Waktu

Tapi dalam kenyataannya, mereka yang memindahkan kekayaannya ke luar Hong Kong ternyata bukan berasal dari mainland. "Mereka sama sekali bukan dari China daratan yang mungkin pelarian politik. Klien-klien kami adalah orang kaya penduduk Hong Kong. Situasi di Hong Kong tidak terkontrol. Kami tidak percaya kalau Carrie Lam atau pemimpin dari Beijing tidak menyadari kehancuran akibat peraturan konyol ini," ujar seorang banker yang menolak disebutkan namanya.

Penulis: Redaksi

Editor: Vicky Fadil


Foto: Unsplash/Shawn Ang

Sumber: wartaekonomi

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

Taipan Hong Kong Mulai Memindahkan Asetnya ke Luar Negeri

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya