0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

TEKNOSAINS
TEKNOSAINS - Tue, 20 Mar 2018 14:30
Dilihat: 504

Tag #deletefacebook kini tengah viral di twitter dan nampaknya ini berimbas performa saham Facebook yang terkoreksi turun 5% atau sekitar $25. Isu tersebut terjadi akibat adanya dugaan konsultan data analytics Cambridge Analytics Yang disewa Donald Trump untuk pemilu US menggunakan data jutaan profil pengguna Facebook.

Menurut berita para pengguna facebook ini dijadikan target kampanye atau microtargetting kepada mereka sehingga mereka terpengaruh agar kemudian memilih Donald Trump pada pemilu Amerika Serikat tahun lalu.

Penuruan saham senilai itu membuat valuasi facebook Drop atau jatuh senilai $30 miliar dollar..Wooow ini angka yang fantastis tentunya. Kejadian ini diakibatkan oleh mantan karyawan Cambridge Analytica, Christopher Wylie yang mengungkapkan ke publik fakta-fakta terkait pemilu Amerika kemaren.

Ia mengatakan : "Kami mengeksploitasi jutaan profile para pengguna facebook dan membuat sebuah model untuk eksploitasi apa yang kami ketahui tentang mereka (pengguna facebook)", dilansir dari Businness Insider.

Facebook memang tengah menghadapi serangkaian kasus hukum terkait kebocoran data pengguna yang diduga digunakan secara ilegal untuk kepentingan politik.

Akibat kejadian ini, Facebook sebelumnya meminta Cambridge Analytics untuk menghapus data-data pengguna facebook dari sistem mereka, namun tetap saja nampaknya pihak Cambridge Analytics masih bleum memenuhi permintaan Facebook sampai akhirnya pihak Facebook memblokir Cambridge Analytics dari platform sosmed mereka.

Diketahui bahwa penggunaan data ilegal ini berawal dari Aplikasi facebook bernama Thisisyourdigitallife yang digagas oleh Cambridge Analytics dan GSR (Global Science Research). Aplikasi ini memindah aktifitas pengguna facebook terutama aktifitas "Like" mereka.


Lewat aplikasi yang diinstall di FB ini, mereka bisa tahu perilaku jutaan pengguna facebook dan menjadikannya target kampanye politik.

Sumber: TEKNOSAINS

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

Tagar #deletefacebook viral, Saham Facebook Turun $25

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya