0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

Nusabali
Nusabali - Mon, 24 Jan 2022 08:22
Dilihat: 54
Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tabanan I Putu Santika menjelaskan, tahun 2022 retribusi pasar ditarget Rp 6,2 miliar. Dengan target tersebut pihaknya pun harus mengoptimalkan e-retribusi yang sekarang sudah berjalan. "Kami ditarget Rp 6,2 miliar sekarang, sama seperti tahun sebelumnya," tegas Santika, Minggu (21/3).

Untuk mencapai target tersebut, Santika mengaku pun akan mengoptimalkan target retribusi pasar secara elektronik yang telah diterapkan di pasar. Retribusi pasar ini sudah berlangsung di enam pasar di Tabanan. "Dari 15 pasar yang ada, sudah enam pasar yang terapkan retribusi elektronik. Terakhir di Pasar Penebel," katanya.

Menurutnya, penerapan retribusi elektronik terus digenjot. Terbaru, tengah persiapan penerapan e-retribusi pasar di Pasar Tabanan. "Di Pasar Tabanan jumlah pedagangnya paling banyak, ada 900 orang itu. Kami masih proses pendataan secara bertahap," tegas Santika.

Dia berharap keseluruhan pasar di Tabanan nantinya akan diterapkan retribusi elektronik. Intinya pasar yang pendataannya selesai awal bisa langsung diterapkan retribusi elektronik. "Pasar yang selesai pendataan awal, pasar itu yang dilakukan penerapan lebih cepat, karena secara teknis penerapannya perlu waktu," katanya.

Menurut Santika, target retribusi yang diberikan akan dikejar secara maksimal. Meskipun di tahun 2021 capaian retribusi hanya Rp 4,5 miliar dari target Rp 6,2 miliar. "Tahun lalu, target tidak bisa tercapai karena karena masih pandemi Covid-19. Sekarang masih sama, kami akan usaha dulu," tandas mantan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tabanan ini.

Untuk diketahui, penerapan e-retribusi baru bisa diterapkan oleh Pemkab Tabanan tahun 2021. Padahal e-retribusi diwacanakan sejak tahun 2019. Penerapan lambat karena proses di bank penyedia memerlukan waktu untuk menyediakan sistem yang cocok. Dalam e-retribusi, para pedagang tidak lagi membayar karcis secara manual, melainkan membayar karcis secara non tunai. Setiap pedagang membawa kartu mirip ATM. Selanjutnya, petugas mentapping kartu tersebut pada alat yang ada. Penerapan e-retribusi diterapkan Pemkab Tabanan sebagai salah satu upaya meminimalisir kebocoran PAD, terutama sektor pendapatan di pasar. *des
Sumber: Nusabali

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

Tabanan Genjot Penerapan e-Retribusi

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya