0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

covesia
covesia - Sat, 24 Oct 2020 12:28
Dilihat: 40
Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

Covesia.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat telah terjadi 17 kali kejadian gempa bumi menggoyang wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dalam sepekan terakhir, terhitung sejak 16 hingga 22 Oktober 2020.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri saat dihubungi dari Solok, Jumat, mengatakan berdasarkan pantauan BMKG Padang Panjang, terdapat 17 kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumbar sejak sepekan terakhir.

Ia menyebutkan dari 17 kali kejadian gempa tersebut terdapat enam kali gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat, berpusat di Kepulauan Mentawai.

"Yakni terjadi pada Minggu (18/10) dengan kekuatan 5.1 magnitudo, Senin (19/10/2020) dengan dua kali getaran yakni pada 07.31 WIB berkekuatan 5.8 magnitudo dan 07.47 WIB berkekuatan 5.7 magnitudo yang ikut dirasakan di daerah Padang, Painan, Mentawai, Mukomuko, Kota Bengkulu, Kepahiang, dan Bengkulu Utara," ujar dia dikutip dari Antara, Sabtu (24/10/2020).

Selanjutnya, gempa tersebut kembali terjadi pada Selasa (20/10) dengan kekuatan 4.5 magnitudo yang dirasakan di daerah Pulau Siberut. Kemudian Rabu (21/10) pada 14.35 WIB dengan kekuatan 5.2 magnitudo yang dirasakan di daerah Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Terjadi lagi pada pukul 19.17 WIB dengan kekuatan 4.8 magnitudo yang dirasakan di Pulau Pagai Selatan.

"Dari kejadian gempa tersebut tidak berdampak terhadap masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan selain di Sumbar, juga terdapat 10 kali kejadian gempa bumi di luar wilayah Sumatera Barat yakni sembilan kali di Bengkulu dan satu kali di wilayah Jambi. Sehingga total kejadian gempa bumi selama sepekan terakhir yakni sebanyak 27 kali.

"Dari 27 kejadian gempa bumi yang tercatat di wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya, merupakan gempa bumi dengan magnitudo M>5 sebanyak 7 kejadian, 3 < M > 5 SR sebanyak 15 kejadian, > 3 SR sebanyak 4 kejadian," kata dia.

Ia mengatakan kejadian gempa bumi yang tercatat tersebut merupakan gempa bumi dangkal.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya mengenai informasi tentang kejadian gempa.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," kata dia.

(ant/lif)

Sumber: covesia

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

Sumbar Digoyang 17 Kali Gempa dalam Sepekan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya