0
Thumbs Up
Thumbs Down

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 24 Feb 2020 10:46
Dilihat: 34
Dubai

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, lonjakan kasus virus corona di Iran menjadi perhatian sekaligus keprihatinan utama. Sebab, negara itu pada dasarnya tak memiliki hubungan langsung dengan China terkait penyebaran virus.

Dilansir dari Saudigazzete, Senin (24/2/2020) Iran diketahui telah mengisolasi diri dari beberapa negara tetangga termasuk Afghanistan, Pakistan, Turki dan Yordania. Upaya itu dilakukan dengan menutup perbatasan atau membuat larangan perjalanan dari dan ke Iran.

Baca Juga: Hah, Seorang Wali Kota di Iran Terjangkit Virus Corona?

Hal serupa juga dikhawatirkan oleh negara-negara tetangga Iran. Salah satunya Afganistan, yang juga menutup akses hilir mudik Iran.

Selain dari banyaknya perbatasan kedua negara yang kopong, ketakutan para pengungsi Afganistan juga meningkat. Utamanya, kekhawatiran virus itu dapat menyebar dengan mudah di perbatasan.

"Untuk mencegah penyebaran coronavirus dan melindungi masyarakat, Afghanistan menangguhkan semua pergerakan penumpang (udara dan darat) ke dan dari Iran," kata kantor Dewan Keamanan Nasional Afghanistan dalam sebuah pernyataan.

Seraya dengan Afghanistan, Kuwait juga mulai mengantisipasi penyebaran virus di perbatasan. Bahkan, Kuwait dilaporkan telah mengirim pesawat untuk mengevakuasi 900 warga negaranya dari Iran.

Dalam prosesnya, warga Kuwait di Iran itu, dipulangkan dengan enam penerbangan terpisah. Lebih lanjut, Turki juga dilaporkan menutup perbatasannya dengan Iran. Meski hanya bersifat sementara, pengawasan Turki di perbatasan itu dinyatakan cukup ketat.

"Kami telah memutuskan untuk menutup perbatasan darat sementara setelah peningkatan jumlah kasus di negara tetangga kami Iran," Ucap Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca.

Dia menegaskan, perbatasan darat yang disambungkan dengan kereta api juga telah ditutup sejak Minggu (23/2/20202). Sambung dia, meski lalu lintas udara dari Iran ke Turki dihentikan, namun keberangkatan ke Iran dari Turki masih berlanjut.

Dari laporan terakhir, Iran menyebut ada delapan kematian akibat virus corona di negaranya. Namun demikian, terkait masifnya korban itu, banyak yang menilai bahwa virus corona hanya menjadi alat sabotase bagi pemilu Iran.

Namun, tetap saja, jumlah korban meninggal di negara tersebut terbilang cukup besar. Utamanya untuk negara selain China.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Foto/Reuters

Sumber: wartaekonomi

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

Serius Perangi Virus Corona, Iran Rupanya Kini Mengisolasi Diri

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya