0
Thumbs Up
Thumbs Down

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

Rumah
Rumah - Tue, 27 Oct 2020 15:11
Dilihat: 41
Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

- Pemerintah tengah menata kawasan Pulau Komodi di NTT untuk dijadikann Taman Komodo Jurassic Park. Kementerian PUPR menjamin penataan kawasan ini menitikberatkan pada keamanan dan habitat asli warisan dunia hewan komodo.

Penataan menyeluruh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) merupakan salah satu rencana pemerintah salah satunya untuk menciptakan 10 destinasi Bali baru di kawasan-kawasan wisata yang potensial. Salah satu yang tengah direvitalisasi yaitu di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di tengah berbagai kontroversi untuk menjadikan Taman Jurassic Park Pulau Komodo, hal tersebut tidak terlepas dari Taman Nasional Komodo merupakan salah satu World Heritage Site Unesco. Tempat ini memiliki outstanding universal value karena itu penataan kawasan Pulau Rinca harus dilakukan secara cermat dan hati-hati seperti disampaikan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam menata kawasan ini, Kementerian PUPR juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Koordinasi dan konsultasi publik yang intensif juga terus dilakukan termasuk dengan para pemangku kepentingan lainnya mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan di lapangan untuk mencegah terjadinya dampak negatif terhadap habitat satwa khususnya komodo itu sendiri.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, perbaikan hunian penduduk, dan lainnya sebagai sebuah rencana induk dengan mempertimbangkan banyak hal.

Karena itu penataan kawasan Pulau Rinca juga akan dilakukan dengan seksama dan memerhatikan banyak hal. Menurut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi NTT Herman Tobo, berbagai kegiatan penataan meliputi Dermaga Loh Buaya yang merupakan peningkatan dermaga eksisting, bangunan pengaman pantai, elevated deck, bangunan pusat informasi yang terintegrasi, penginapan untuk para ranger dan peneliti, pos penelitian dan pemantauan, dan sebagainya.

Dengarkan cerita 10 tahun perjuangan lalui berbagai cobaan demi punya rumah sendiri di video berikut ini.

"Teknisnya sangat memerhatikan kawasan maupun konservasi di wilayah ini, misalnya pusat informasi serta penginapan dirancang setinggi dua meter agar tidak mengganggu aktivitas komodo dan hewan lain yang melintas. Saat ini penataan Pulau Rinca tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan eksisting, pembuatan tiang pancang, dan beberapa pekerjaan teknis lainnya. Telah dilakukan pemagaran juga untuk melindungi satwa dan pekerja," ujarnya.

Selain itu dalam setiap pekerjaan penataan kawasan ini selalu didampingi dengan para ranger dari Balai Taman Nasional Komodo untuk memastikan tidak mengganggu habitat komodo. Izin lingkungan hidup terkait kegiataan penataan kawasan Pulau Rinica di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat ini telah terbit sejak awal September 2020.

"Terkait perizinan untuk kawasan ini berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. 16 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan dokumen lingkungan hidup. Artinya, tempat ini akan direvitalisasi dengan memerhatikan dampak pembangunan terhadap habitat dan perilaku komodo," imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

Seperti Ini Penataan Jurassic Park Pulau Komodo

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya