0
Thumbs Up
Thumbs Down

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 20 Nov 2019 23:51
Dilihat: 45
Jakarta

Hari ini, Rabu (20/11) telah diselenggarakan Indonesia Mining Awards (IMA) 2019 di Grand Ballroom 3, Ritz Carlton, Pasific Place, Sudirman, SCBD. Penghargaan tersebut merupakan apreasisi kepada perusahaan tambang anggota IMA yang telah memberikan kontribusi terhadap negara, lingkungan, keselamatan kerja, dan masyarakat lingkar tambang.

Ada 12 kategori dalam penghargaan ini. Kategori pertama adalah Pembayar PNBP Terbaik. Dari sektor mineral, PT Agincourt Resources mendapatkan peringkat pertama. Peringkat kedua diisi oleh PT J Resources dan PT Aneka Tambang Tbk di peringkat ketiga. Masih dalam kategori yang sama dari sektor batubara, peringkat pertama diberikan kepada PT Kideco Jaya Agung. PT Bukit Asam, Tbk dan PT Kaltim Prima Coal berurutan ada di peringkat kedua dan ketiga.

Baca Juga: Gali Potensi Mineral Tanah jarang, Timah Anggarkan Capex Rp2,58 Triliun

Dari kategori pembayar PNBP Terbesar sektor mineral, berurutan dari peringkat satu adalah PT Freeport Indonesia, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, dan PT Aneka Tambang, Tbk. PT Freeport Indonesia membayar Rp4,2 triliun, PT Amman Mineral Nusa Tenggara membayar Rp412 miliar, dan PT Aneka Tambang Tbk membayar Rp309 miliar.

Sementara itu, dari sektor batubara, PT Kaltim Prima Coal berada di peringkat pertama dengan jumlah pembayaran PNPB senilai Rp6,5 triliun. PT Adaro Indonesia berada di peringkat kedua dengan Rp5 triliun. Di peringkat ketiga dengan nilai pembayaran mencapai Rp3,3 triliun dipegang oleh PT Kideco Jaya Agung.

Dari kategori Pengelolaan Lingkungan Terbaik sektor mineral, PT Vale Indonesia keluar sebagai juara pertama. Juara kedua ditempati PT Nusa Halmahera Minerals dan PT Meares Soputan Mining di peringkat ketiga. Di sektor batubara, PT Kaltim Prima Coal berada di peringkat pertama, PT Adaro Indonesia di peringkat kedua, dan PT Bukit Asam Tbk di peringkat ketiga.

Sementara itu, PT Meares Soputan Mining berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Terbaik dari sektor mineral. Dilanjutkan PT Weda Bay Nikel di peringkat kedua dan PT J Resources di peringkat ketiga. Dari sektor batubara, PT Multi Harapan Utama berhasil menempati peringkat pertama dan disusul oleh PT Kideco Jaya Agung lalu PT Mandiri Inti Perkasa.

Dari kategori Realisasi Investasi Perusahaan Terbaik Berdasarkan RKAB sektor mineral, PT Weda Bay Nickel berhasil ada di peringkat pertama. PT Vale Indonesia Tbk di peringkat kedua dan peringkat ketiga diisi oleh PT Freeport Indonesia. Dari sektor batubara, PT Mandiri Inti Perkasa menjadi pemenang di peringkat pertama. Dilanjutkan oleh PT Indominco Mandiri di peringkat kedua dan PT Kaltim Prima Coal di peringkat ketiga.

PT Timah Tbk berhasil memenangkan kategori Belanja Terbesar di Dalam Negeri Terbaik dari sektor mineral. PT J Resources dan PT Meares Soputan Mining secara berurutan ada di peringkat kedua dan ketiga. Sementara dari sektor batubara, ada PT Kaltim Prima Coal yang menjadi pemenang di peringkat pertama. Peringkat kedua diisi oleh PT Bukit Asam Tbk dan peringkat ketiga oleh PT Indominco Mandiri.

Dari kategori Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik (TKDN) secara berurutan dari peringkat pertama pemenangnya adalah PT J Resources, PT Timah Tbk, dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara dari sektor mineral. Sementara dari sektor batubara, secara berurutan dari peringkat satu dan dua adalah PT Kideco Jaya Agung dan PT Kaltim Prima Coal.

Pemenang kategori Perusahaan Jasa Pertambangan yang Melakukan Kaidah Pertambangan Terbaik di peringkat pertama adalah PT Pama Persada Nusantara. PT Thiess Indonesia berada di peringkat kedua dan PT Petrosea di peringkat ketiga.

Baca Juga: Satu Lagi Perusahaan Batubara Mejeng di Bursa

Pemenang Perusahaan Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Terbaik dibagi ke dalam tiga sektor. Dari sektor mineral PT Freeport Indonesia menjadi pemenang di peringkat pertama. PT Meares Soputan Mining dan PT Bumi Suksesindo menjadi pemenang di peringkat kedua dan ketiga.

Masih dari kategori yang sama dari sektor batubara, peringkat pertama dimenangkan oleh PT Kideco Jaya Agung. Peringkat kedua diisin oleh PT Kaltim Prima Coal dan peringkat ketiga oleh PT Jorong Barutama Greston (ITM). Sementara, PT Bukit Asam Tbk berhasil menjadi pemenang dari sektor BUMN.

Pemenang kategori Perusahaan dengan Penerapan Konservasi Mineral Ikutan Terbaik adalah PT Timah Tbk.

Pemenang Perusahaan Tambang yang Melaksanakan Hilirisasi Terintegrasi Terbaik (Khusus Mineral) adalah PT Timah Tbk di peringkat pertama. PT Aneka Tambang Tbk di peringkat kedua dan PT Vale Indonesia Tbk di peringkat ketiga.

Pemenang kategori Perusahaan Swasta Penyuplai DMO Batubara dengan Persentase Tertinggi adalah PT Arutmin Indonesia, Kaltim Prima Coal, dan PT Adaro Indonesia. Secara berurutan mereka menempati peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Sebagai informasi, penilaian terhadap kemenangan tersebut diketuai oleh DR. Bambang Setiawan dan telah diketahui oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif. Hasil tersebut didapat dari hasil perhitungan Tim Kecil yang telah melaksanakan dua kali FGD pada tanggal 28 September 2019 dan 12 Oktober 2019 dan hasil presentasi perusahaan di depan Tim PPM pada tanggal 16 Oktober 2019 dan tanggal 22 Oktober 2019.

Penulis: ***

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Cahyo Prayogo

Sumber: wartaekonomi

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang IMA 2019

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya