0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

Rumah
Rumah - Mon, 21 Sep 2020 20:06
Dilihat: 64
Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

- Konsultan properti Colliers International mengingatkan, kinerja sektor properti mencerminkan gerakan pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, apabila terjadi resesi ke depannya, akan dipastikan pula berdampak kepada kondisi sektor properti nasional.

"Properti sangat terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi," ujar Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto dalam siaran tertulis, sebagaimana dikutip dari Antaranews.com, Senin, 21 September 2020.

Ferry melanjutkan, untuk itu dalam rangka membantu mengatasi efek resesi, termasuk kepada sektor properti, kebijakan pemerintah harus mampu meningkatkan daya beli masyarakat.

Hal tersebut, Ferry menambahkan, karena dengan kondisi saat ini daya beli masyarakat cenderung melemah. Ini membuat pengeluaran dipastikan akan lebih selektif sehingga lebih mengutamakan kebutuhan dasar sehingga akan sangat berpengaruh kepada pembelian properti.

"Bahkan tanpa adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kami nilai kemungkinan bahwa pada akhir 2020, tren pertumbuhan properti akan menurun, karena pertumbuhan dalam properti itu sejalan dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto atau PDB," ucap Ferry.

Dia memprediksi, pada semester kedua atau paruh terakhir 2021, industri properti di Tanah Air akan dapat mulai bangkit kembali.

Menurut Ferry, sebenarnya saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi properti. Pasalnya, disinyalir telah banyak investor mempersiapkan hal tersebut guna mengantisipasi jika sektor properti akan bangkit kembali pada masa mendatang.

Adapun Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PEN) meyakini anggaran stimulus PEN, yang ditargetkan tersalurkan hingga Rp100 triliun akhir September 2020, akan memberikan daya ungkit ekonomi yang cukup besar pada kuartal III 2020, sehingga mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi dibanding kuartal sebelumnya.

"Tetapi, memang ada variabel lain yang kita tidak tahu apakah turunnya lebih dalam atau kemudian ada sektor lain yang tidak produktif, itu di luar perkiraan kita. Tapi, dengan bekerja keras salurkan Rp100 triliun, kita harap dalam tiga bulan terakhir ini kita bisa berikan daya ungkit ekonomi yang cukup besar untuk kuartal III," tutur Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers daring dari Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

Budi mengungkapkan, hingga awal pekan ini anggaran stimulus PEN yang sudah tersalurkan mencapai Rp87,5 triliun. Dengan begitu, dalam dua pekan terakhir, Satgas PEN akan mengebut pencairan anggaran agar mencapai Rp100 triliun untuk meningkatkan konsumsi domestik.

Di sisi lain, ekonom Elvyn G Massasya menilai kunci pemulihan ekonomi pada masa krisis akibat pandemi COVID-19 adalah dengan terlebih dahulu menyelesaikan masalah kesehatannya.

Selain itu, Indonesia harus menerapkan transformasi model ekonomi serta melakukan subsidi silang (cross subsidy).

"Persyaratan utama untuk recovery ekonomi saat ini adalah dengan menyelesaikan dahulu masalah COVID-19. Untuk itu, harus dilakukan dengan segala cara (at all cost)," kata Elvyn.

Evelyn memaparkan, pandemi COVID-19 berdampak pada ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Pada triwulan I-2020, ekonomi Indonesia tercatat tumbuh 2,97 persen dan triwulan II-2020 terkontraksi 5,32 persen dibandingkan triwulan II-2019. Sedangkan triwulan III-2020 diperkirakan terkontraksi berkisar 3-4 persen.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!


Sumber foto utama: Pixabay.com

Sumber: Rumah

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor Properti Cerminkan Pertumbuhan Ekonomi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya