0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

carmudi
carmudi - Tue, 17 Sep 2019 11:00
Dilihat: 64
Morgan Roundabout Deluxe, generasi pertama cikal bakal Three Wheeler.

Jakarta- Indonesia kini dianggap sebagai salah satu negara yang cukup banyak menyimpan mobil klasik nan langka di dunia. Apresiasi pun kemudian diberikan dengan akan diselenggarakannya Concours d'Elegance pada 21 September nanti di Indonesia untuk pertama kalinya. Pameran dan parade mobil klasik ini disebut mampu membangkitkan memori-memori masa silam.

Pada acara konferensi pers Concours d'Elegance ini, terdapat satu mobil yang cukup menyita perhatian. Mobil tersebut adalah Morgan Three Wheeler. Mobil dengan tiga roda ini menjadi salah satu mobil yang dipajang di acara konferensi pers Concours d'Elegance. Memang, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang mobil ini secara pasti.

Morgan Roundabout Deluxe dibangun dari bangkai sepeda motor.

Menurut sejarah otomotif, Morgan Three Wheeler merupakan mobil buatan Inggris yang didirikan pada tahun 1910. Kala itu Henry Frederick Stanley Morgan mendirikan Morgan Motor Company sebagai perusahaan mobil. Pabrik yang didirikan berlokasi di Malvern, Worcestershire dengan jumlah pekerja mencapai 220 orang. Pabrik tersebut pun mampu memproduksi mobil hingga 850 unit per tahunnya.

Desain Masih Sederhana

Sebelum mendirikan pabrik mobil, Henry Frederick Stanley sebelumnya bekerja di perusahaan kereta api. Dia akhirnya meninggalkan pekerjaannya di tahun 1904 dan mendirikan Morgan Motor Company. Mobil pertama yang diproduksinya pun adalah V-Twin Three Wheelers pada tahun 1911-1939.

Mobil ini bisa dibilang punya desain yang jelek, karena masih sebagai prototipe. Bahkan untuk urusan tenaganya, mobil ini hanya mampu menghasilkan daya sebesar 7 hp.

Menariknya lagi, mesin pada Morgan Three Wheelers ini menggunakan mesin Peugeot twin silinder yang diambil dari bangkai motor yang sudah tidak terpakai. Setelah dimodifikasi, mobil ini pun selanjutnya mendapatkan ubahan di bagian transmisi di mana hanya punya konfigurasi 2 percepatan. Setelah prototipe ini selesai, baru pada tahun 1910 Morgan menyelesaikan proyeknya ini dan memajang mobil single seater tersebut di ajang Olympia Motor Show di London.

Morgan Three Wheeler terbaru.

Singkat cerita, banyak orang tertarik dengan mobil berwujud aneh satu ini. Sontak Morgan pun mendapatkan pesanan cukup banyak setelah mengikuti pameran tersebut. Tak puas sampai disitu, Morgan juga mencoba mengikuti ajang balap. Ajang balap yang diikuti adalah Cyclecar Grand Prix di kota Amiens, Perancis. Selain itu, Morgan juga meraih gelar sebagai The Light Car & Cyclecar dengan jarak tempuh terbaik di Brooklands pada tahun 1912.

Sejarah Morgan Three Wheeler di Indonesia

Mobil yang dipajang di acara konferensi pers Concours d'Elegance kemarin merupakan salah satu varian terbaru dari Morgan Motor Company. Mesin yang digunakan pada Morgan Three Wheeler tersebut merupakan mesin Harley Davidson Screamin Eagle. Selain punya mesin Harley Davidson, transmisi yang digunakan berasal dari transmisi manual Mazda 5 percepatan. Perpaduan ini pun dinilai cukup unik hingga mampu mengeluarkan tenaga hingga 115 hp.

Di ajang Concours d'Elegance nanti, terdapat satu unit Morgan Three Wheelers yang akan dipajang. Unit yang dipajang nanti sayangnya belum diketahui milik siapa. Pastinya, mobil tiga roda tersebut merupakan mobil kepunyaan orang Indonesia. Ingin melihatnya? Datang saja langsung ke acara Concours d'Elegance pekan ini.

Morgan Three Wheeler akan dipajang di pameran Concours d'Elegance Indonesia.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas


Baca Juga:Perjalanan Concours d'Elegance, Pameran Mobil Klasik Dunia Pertama di Indonesia
Sumber: carmudi

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

Sejarah Morgan Three Wheeler, Mobil yang Berasal dari Bangkai Sepeda Motor

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya