0
Thumbs Up
Thumbs Down

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

Republika Online
Republika Online - Tue, 03 Aug 2021 13:00
Dilihat: 76
Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

BERLIN -- Penularan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit Covid-19 masih menjadi pertanyaan dari banyak orang. Para ahli pun terus mencoba melakukan studi terkait hal ini.

Salah satu pertanyaan tentang penularan Covid-19 adalah mengenai kemungkinan virus bisa menyebar melalui benda atau permukaan benda. Sebagai contoh, seperti uang kertas dan koin yang selama ini tetap digunakan sebagai alat transaksi masyarakat di seluruh dunia.

Dilansir Times Now News, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Bank Sentral Eropa bekerja sama dengan Departemen Virologi Medis dan Molekuler di Ruhr-Universitat Bochum, ingin mengklarifikasi pertanyaan tersebut. Studi yang dipimpin oleh Eike Steinmann dan Daniel Todt ini mengembangkan metode khusus untuk menguji berapa banyak partikel virus menular dan dapat disebarkan dari uang tunai ke permukaan kulit manusia dalam kondiso kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan dalam studi tersebut adalah bahwa risiko penularan virus corona jenis baru dari uang tunai sangat rendah. Untuk mengetahui berapa lama SARS-CoV-2 bertahan pada koin dan uang kertas, para peneliti mengaplikasikan larutan virus dengan konsentrasi berbeda ke berbagai koin euro dan uang kertas.

Mereka lalu mengamatinya selama beberapa hari untuk mengungkap berapa lama virus menular masih dapat terdeteksi. Permukaan baja tahan karat berfungsi sebagai kontrol dalam setiap kasus.

Hasil studi cukup meyakinkan. Virus yang menular masih ada di permukaan baja tahan karat setelah tujuh hari, sementara pada uang kertas 10 euro virusnya hilang dalam tiga hari.

Sementara itu, virus lenyap masing-masing enam hari, dua hari, dan satu jam pada koin 10 sen, 1 euro, dan 5 sen. Menurut Todt, penurunan cepat virus di uang logam 5 sen terjadi karena uang ini terbuat dari tembaga.

Tim peneliti mengembangkan metode baru untuk mempelajari seberapa mungkin virus ditularkan dari permukaan benda ke ujung jari. Uang kertas, koin, dan pelat PVC seperti kartu kredit dibuat terkontaminasi dengan virus corona yang tidak berbahaya. Selanjutnya, barang-barang tersebut dipaparkan juga dengan SARS-CoV-2 dalam lingkungan yang terkendali keamanannya.

Dengan ujung jarinya, subjek penelitian kemudian menyentuh permukaan benda-benda tersebut dalam keadaan masih basah dan kering. Sementara itu, untuk menguji SARS-Cov-2, digunakan kulit buatan.


Berita Terkait
  • Testing Covid-19 di DIY Terus Turun
  • Sleman Prioritas Selesaikan Vaksinasi Dosis Kedua
  • Mandy Moore Ungkap Sulitnya Jadi Ibu Baru Saat Pandemi
Berita Lainnya
  • Rencana Sembelih Angsa-Rusa untuk Pakan Hewan Buas Batal
  • Kementan Jelaskan Penyebab Turunnya Harga Gabah

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

Seberapa Mungkin Covid-19 Menular Lewat Uang Kertas-Logam?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya