0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

Republika Online
Republika Online - Fri, 18 Oct 2019 16:29
Dilihat: 21
Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

JAKARTA -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris meminta sebelum acara pelantikan Ahad (20/10), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kontemplasi. Itu diperlukan agar Jokowi lebih jernih dalam memandang dan menyelesaikan berbagai persoalan negeri yang datang bertubi-tubi akhir-akhir ini.

Semua persoalan bangsa ini mendesak untuk segera diurai dan diselesaikan satu persatu agar ritme bangsa ini bisa kembali normal. "Sebelum dilantik, dalam beberapa hari ini saya sarankan Pak Jokowi berkontemplasi agar bisa memandang lebih jernih apa penyebab bangsa ini terus berpindah dari satu kegaduhan ke kegaduhan lainnya. Lakukan olah pikir, agar perjalanan bangsa ini ke depan lebih baik," ujar Fahira dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, Jumat (18/10).

Fahira beralasan, sepanjang tahapan Pemilu 2019 kemarin energi bangsa ini sudah habis terkuras. Harusnya, kata Fahira, setelah pemilu selesai energi bangsa ini terisi kembali dengan optimisme. Namun berbagai persoalan yang terjadi belakangan ini kembali menguras energi seluruh anak bangsa. Ia khawatir bangsa ini kehabisan energi.

"Jika itu sampai terjadi, energi bangsa habis, kita sama-sama tahu apa yang bakal terjadi pada negeri ini," keluh Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Fahira mengatakan, Indonesia lahir dari sebuah kompleksitas situasi dan permasalahan. Namun semua persoalan itu bisa diurai dengan baik karena para pemimpin pergerakan saat itu selalu melakukan perenungan dan berpikir dengan sepenuh perhatian merespons situasi dan kondisi dunia kolonial saat itu. Proses perenungan dan olah pikir inilah yang menghasilkan sebuah negara Indonesia yang saat ini sudah berdiri 74 tahun.

Oleh karena itu, kata Fahira, kompleksitas persoalan yang bertubi-tubi menghantam bangsa saat ini harus diurai dengan olah pikir pemimpinnya. Maka Jokowi harus menyisihkan waktu untuk berkontemplasi. Yaitu memahami sejarah berdirinya negeri ini, dan juga meresapi spirit para pendiri bangsa mendirikan Indonesia.

Lewat kontemplasi, Fahira berharap, mudah-mudahan Presiden Jokowi bisa menemukan akar persoalan kenapa kondisi Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja. "Apa kekuasaan yang diberikan rakyat sudah dikembalikan ke rakyat lewat keadilan sosial, keadilan hukum, keadilan ekonomi?" kata Fahira.


Berita Terkait
  • Ditanya Soal Novel, Jokowi tak Respons
  • Makassar Doa dan Zikir Bersama Jelang Pelantikan Presiden
  • Transjakarta Alihkan Rute Jelang Pelantikan Presiden
Berita Lainnya
  • Pimpinan MPR Temui JK
  • Kegentingan Setelah UU KPK Versi Revisi Berlaku Hari Ini

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

Sebelum Dilantik, Jokowi Disarankan Berkontemplasi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya