0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

Republika Online
Republika Online - Wed, 01 Apr 2020 20:51
Dilihat: 29
Sebanyak  963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mencatat, ada sebanyak 12.748 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal pesiar asing yang tersebar di berbagai wilayah di dunia. Sebanyak 963 anak buah kapal (ABK) di antaranya sudah kembali pulang ke Indonesia karena terdampak pembatasan operasi akibat dari virus korona tipe baru atau Covid-19.

Kemenlu mengatakan, semua ABK WNI tersebut bekerja di 89 kapal pesiar asing yang dioperasikan oleh 10 perusahaan pelayaran yang bertugas menanungi mereka dalam bekerja di atas kapal. "Semua yang pulang adalah awak kapal yang terdampak wabah Covid-19. Tidak semua pulang ke Indonesia, ada yang memutuskan masih bekerja di atas kapal," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha dalam konferensi pers secara maya, Rabu (1/4).

Wabah pandemi Covid-19 telah mempengaruhi kehidupan di berbagai sektor termasuk pada operasi kapal pesiar di seluruh dunia. Pandemi ini memaksa perusahaan pemilik kapal untuk menghentikan pelayaran mereka, dan mengembalikan awak kapal ke negara asal masing-masing pekerja, termasuk juga Indonesia.

"Jumlah awak kapal yang dipulangkan dan telah tiba di Indonesia hingga data Selasa (31/3) ada 963 orang, baik yang pulang melalui penerbangan komersial maupun pesawat carteran karena mereka difasilitasi oleh pihak perusahaan kapal," ujarnya.

Kemenlu telah melakukan koordinasi bersama perwakilan RI di negara-negara terkait dan dengan otoritas perusahaan pemilik kapal, serta agen tenaga kerja sebelum memulangkan para WNI yang bekerja di kapal pesiar ke Indonesia. Proses tersebut tentu saja untuk memastiktan bahwa para anak buah kapal dalam keadaan sehat walafiat sebelum memasuki kampung halaman.

Jika di antara para pekerja kapal terinfeksi Covid-19, maka protokol kesehatan Kementerian Kesehatan RI telah mengatur mereka. Di sisi lain, dalam hal perlindungan WNI, Kemenlu meminta hak-hak para WNI pekerja kapal tetap dipenuhi oleh perusahaan pemilik kapal.

"Dalam beberapa komunikasi dengan pihak kapal mereka tidak memutus kontrak hubungan kerja dengan para WNI. Perusahaan bahkan masih banyak yang memeberikan gaji meski kapal tak beroperasi," ujar Judha.


Berita Terkait
  • Anomali Pandemi Covid-19 di Belarusia
  • WHO: Wabah Corona di Asia Masih Jauh dari Usai
  • Daerah Ini Wajibkan Camat sampai Ketua RT/RW Data Pemudik
Berita Lainnya
  • Istana Ungkap Alasan Presiden Pilih PSBB Dibanding Lockdown
  • BPS: Kunjungan Turis Asing pada Februari Anjlok 30,42 Persen

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 963 WNI ABK Telah Pulang ke Tanah Air

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya