0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

Republika Online
Republika Online - Sat, 22 Jan 2022 19:00
Dilihat: 103
Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejak awal Januari 2022 hingga Sabtu (22/1), telah terjadi 243 kejadian bencana di Indonesia. Menurut BNPB, jenis bencana juga kini tak bisa lagi dipisahkan antara kelas geologi dan hidrometeorologi.


Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB, Udrekh menjelaskan, sebenarnya jumlah bencana di tingkat global, baik meteorologi maupun geologi sudah cukup banyak terjadi di sepanjang tahun ini. "Meski baru Januari 2022, tercatat sudah 243 kejadian bencana terjadi (di Indonesia)," ujar Udrekh saat berbicara di konferensi virtual bertema Waspada Gempa Megathrust dan Bencana Hidrometeorologi, Sabtu (21/1/2022).

Padahal, dia melanjutkan, pekerjaan rumah bencana dan dampaknya sejak 2021 masih banyak. Selain itu, BNPB mencatat beberapa poin yang perlu diperhatikan bahwa tidak bisa lagi dipisahkan antara bencana geologi dan hidrometeorologi.

Udrekh menyebutkan, kasus yang paling aktual adalah erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Sebab, ada urusan terkait geologi gunung api yang disebabkan oleh tingginya curah hujan pada saat kejadian tersebut.

Tak hanya itu, BNPB juga mencatat gempa juga masih terjadi. Menurutnya, bencana masih terjadi hingga kini akibat pengetahuan masyarakat yang masih lambat. Tak hanya itu, saat BNPB berbicara bencana dengan dunia usaha dan industri pariwisata, ternyata mereka menjadi tidak nyaman.

"Sehingga dibutuhkan komunikasi yang bijak supaya tidak menakut-nakuti masyarakat dan tidak membuat masyarakat abai," ujarnya.

Setelah 2018 lalu, BNPB mengaku menginvestasikan uang untuk kesiapsiagaan dan peringatan dini. Kemudian di tahun ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan BNPB memiliki anggaran yang sangat besar fokus ke gempa dan tsunami.

"Bahkan ada konsorsium (prediksi) gempa Selat Sunda. Kita bisa membayangkan kalau kejadiannya itu di sana," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya menekankan komunikasi masif dengan metode risiko yang benar perlu ditingkatkan dengan baik. Karena itu, dia melanjutkan, upaya yang BNPB lakukan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus masif.
"Kemudkan media diharapkan juga bisa berperan penting," katanya.

Sebelumnya, BNPB mengatakan, Indonesia adalah laboratorium bencana. Bencana yang terjadi bisa menimbulkan kerugian, baik harta benda maupun nyawa. "Indonesia adalah laboratorium bencana. Filosofi bencana adalah satu peristiwa yang mengakibatkan kerugian, baik harta benda maupun nyawa," ujar Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan saat mengisi konferensi virtual, Jumat (21/1).

Lilik menyebutkan, ada empat kelas bencana, pertama bencana alam terkait geologi, vulkanologi seperti gunung meletus, gempa bumi, tsunami. Kelas kedua bencana terkait hidrometeorologi basah yang hubungannya dengan banjir hingga tanah longsor.

Kelas ketiga yaitu bencana hidrometeorologi kering yang hubungannya dengan kebakaran hutan dan lahan. Kelas terakhir atau keempat, dia menyebutkan bencana non-alam seperti pandemi Covid-19.

Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Masjid Raya Baiturrahman Denpasar Miliki Pusat Mualaf
    • In Picture: Kerjasama BTN dan BP Tapera Tandatangani Nota Kesepahaman

    Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

    Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

    Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

    Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

    Sebanyak 243 Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang Januari 2022

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    genpi
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    pijar
    SeleBuzz
    Mobilmo
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya