0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

okezone
okezone - Sun, 24 May 2020 03:24
Dilihat: 51
Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

BENGKULU - Masyarakat di Kota Bengkulu memiliki tradisi unik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Namanya sayak gajah yang telah dikenal di kalangan Suku Lembak sejak seribuan tahun lalu.

Tradisi itu kerap digelar masyarakat Suku Lembak di penghujung Ramadan atau malam Lebaran khususnya di Kelurahan Jembatan Kecil, Panorama, Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati, Kelurahan Pagar Dewa, Sukarami Kecamatan Selebar, Kelurahan Kandang Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

Jumat 22 Mei 2020 malam, warga Suku Lembak di Jalan Danau, Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati ikut menyusun batok kelapa kering secara vertikal dengan ketinggian 1 hingga 1,5 meter lebih.

Sayak artinya tempurung kelapa. Itu disusun tinggi hingga mirip gajah, makanya dinamakan sayak gajah. Tempurung kelapa disusun di halaman rumah. Satu rumah bisa membuat lebih dari satu gundukan sayak gajah. Kemudian dibakar pada malam Lebaran.

"Ritual bakar sayak itu dilakukan usai berbuka puasa terakhir atau malam takbiran,'' kata Ahmad Ahyan (44) tokoh Suku Lembak.

Menurutnya sayak gajah adalah tradisi peninggalan leluhur Suku Lembak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai jarang dilakukan.

Ahmad menuturkan, pada 1990-an, tradisi ini masih meriah dilakukan warga saat malam lebaran. Warga menyusun tempurung kelapa di depan rumah masing-masing lalu membakarnya, ikut menjadi penerang karena saat itu listrik belum merata di permukiman.

''Pembakaran sayak kelapa pada malam takbiran itu pertanda dimulainya silaturahmi masyarakat suku lembak, dengan cara takbiran keliling dari rumah ke rumah atau door to door, dengan mencicipi sajikan aneka kuliner yang disediakan penghuni rumah,'' ujar Ahyan.

Tapi, semenjak listrik mulai merata di tiap rumah, kata Ahyan, syak gajah mulai mulai ditinggalkan.


''Tradisi bakar sayak saat malam takbiran sudah mulai luntur. Namun, masih ada masyarakat Suku Lembak yang merasa rindu dengan tradisi itu maka dia membuat sendiri di depan rumahnya, ketika malam takbiran,'' jelas Sekretaris Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu, ini.

Sumber: okezone

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

Sayak Gajah, Tradisi Suku Lembak Sambut Idul Fitri

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya