0
Thumbs Up
Thumbs Down

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

Nusabali
Nusabali - Sat, 28 Mar 2020 09:27
Dilihat: 24
Satu PDP di Buleleng Positif Corona
Sedangkan PDP 03 yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) kapal pesiar yang pulang dari Italia dinyatakan positif Corona. RSUD Buleleng per Jumat (27/3) kemarin kembali menerima PDP baru sebanyak 4 orang.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, dalam siaran persnya Jumat (27/3) sore kemarin di Rumah Jabatan Bupati didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Gede Suyasa dan Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, I Gusti Nyoman Mahapramana, menegaskan RSUD Buleleng sudah merawat 8 orang PDP. "Dari awal 4 orang PDP satu positif Corona, tiga orang lainnya sudah dipulangkan. PDP 03 masih dirawat termasuk istrinya juga ikut PDP. Hari ini ada tambahan 3 orang, satu bidan, satu perawat dan satu sopir yang sempat jemput pasien 03 ke Bandara," jelas Bupati Agus Suradnyana.

Menurutnya bidan dan perawat yang saat ini masuk status PDP, adalah petugas medis di ruang isolasi RSUD Buleleng. Keduanya menunjukkan gejala klinis mengarah ke Corona dan sedang diambil sampel hapusan tenggorokan untuk mengetahui kepastiannya. Petugas medis dipastikan Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, sudah memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas.

"Banyak kasus yang sama terjadi di daerah lain bahkan dokter juga ada yang kena. mereka (petugas medis,red) sudah pakai APD lengkap, mungkin lalai pas buka tutup masker sedikit lalu terkena kan tidak tahu juga karena berhadapan dengan virus," ucap Bupati yang memiliki sebutan akrab PAS ini.

Dua petugas medis setelah dilakukan rontgen dan melihat gejala klinis disebut mengarah ke Corona. "Belum Corona tetapi mengarah ke sana karena sudah ada pengkabutan di paru-paru," imbuh Bupati yang hobi memasak itu.

Fakta baru penyebaran virus corona ini membuat Pemkab Buleleng akan melakukan rapid test kepada 73 orang dokter dan perawat di RSUD Buleleng dan RS Pratama Giri Emas yang sempat berinteraksi dengan PDP 06 yang seorang bidan dan PDP 07 seorang perawat. Sebanyak 300 rapid tes yang diberikan Pemprov Bali kepada Buleleng juga akan digunakan untuk mengetes keluarga 06 di Desa Pangkung Paruk dan keluarga 07 di Kelurahan Banyuning.

Selain melakukan pemantauan kepada 8 orang PDP, Pemkab Buleleng juga tetap memonitoring dan melakukan pengawasan kepada Orang Dengan Pengawasan (ODP) sebanyak 174 orang yang sempat berkontak dengan PDP dan memiliki gejala klinis. Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG), yang tetap dalam pantauan Gugus Tugas sebanyak 475 orang. Di antaranya kontak dengan PDP enam orang, pekerja kapal pesiar 358 orang, TKI 42 orang, WNA 58 orang dan WNI yang baru pulang dari luar negeri 7 orang.

Khusus untuk ODP yang melakukan isolasi di rumah selama 14 hari dipastikan seluruh kebutuhan pangannya dipenuhi pemerintah. Dinas Kesehatan setiap hari akan menyuplai makanan ODP sehingga tidak perlu ke luar rumah. Mereka juga tetap dipantai oleh Camat dan Perbekel setempat. *k23
Sumber: Nusabali

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

Satu PDP di Buleleng Positif Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya