0
Thumbs Up
Thumbs Down

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

covesia
covesia - Thu, 20 Jun 2019 08:47
Dilihat: 33
Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

Covesia.com - Mohamed Salah masih menghuni tim remaja El Mokawloon ketika Mesir mengangkat trofi Piala Afrika ketujuh mereka dengan mengalahkan Ghana 1-0 pada final di Stadion 11 November, Luanda, Angola, pada 31 Januari 2010.

Tiga bulan lebih berikutnya, Salah melakoni debut tim senior El Mokawloon dalam Liga Mesir yang berakhir imbang 1-1 di kandang El Mansoura. Salah kemudian menjelma menjadi pilihan reguler El Mokawloon sepanjang musim 2010/2011 dan 2011/2012 sebelum hijrah ke Swiss bersama Basel.

Sembilan tahun lebih berlalu sejak Mesir menjuarai Piala Afrika 2010 dan Salah melanglang buana mengangkat trofi Liga Super Swiss pada 2013 dan 2014 hingga akhirnya berlabuh di Liverpool untuk menjuarai Liga Champions 2018/2019.

Sejumlah penghargaan individual mengantarkan Salah menjadi tulang punggung Mesir setelah mencetak dua gol penentu kemenangan 2-1 atas Kongo untuk meloloskan Pasukan Firaun ke Piala Dunia 2018 serta menjadi runner-up Piala Afrika 2017.

Mesir berharap tuah Salah menjuarai Liga Champions bersama Liverpool akan menular ke negaranya untuk mengangkat trofi Piala Afrika kedelapan sekaligus menajamkan catatan sebagai negara tersukses dalam kompetisi Benua Hitam itu.

Sempat dilabeli Sensasi Semusim oleh banyak media Inggris, Salah membuktikan gelar itu tak patut disematkan kepadanya dengan tampil krusial untuk Liverpool lewat 27 gol dalam semua kompetisi musim ini.

Hampir semua rumah judi menempatkan Mesir sebagai favorit juara Piala Afrika 2019, selain karena faktor Salah namun juga mereka tampil di hadapan publik sendiri berstatus tuan rumah turnamen.

Namun, Mesir punya tantangan berat mengingat mereka memiliki skuat dengan usia rata-rata tertua di Grup A dan ketiga tertua di antara 24 tim peserta Piala Afrika 2019. Pelatih Mesir atas Meksiko, Javier Aguirre, bertekad menebus penampilan negatif yang mereka bukukan berupa tiga kekalahan di fase grup Piala Dunia 2018 lalu.

Di Grup A, Mesir bergabung dengan Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Zimbabwe.

Pelatih Kongo Florent Ibenge mengaku tak gentar dengan keberadaan mereka di Grup A bersama tuan rumah Mesir. Ibenge bahkan bertekad membuktikan sepak bola Kongo tengah berada dalam tren peningkatan dalam keikutsertaan mereka pada tiga final berturut-turut Piala Afrika.

Kongo pernah dua kali menjuarai Piala Afrika pada 1968 dan 1974. Pada dua penampilan terakhirnya mereka berhasil menempati peringkat keempat pada 2015 dan perempat final 2017.

Uganda yang kembali berada satu grup bersama Mesir, sebagaimana terjadi juga pada 2017, dan menyebutnya sudah akrab dengan permainan tuan rumah. Sang pelatih Sebastian Desabre menegaskan target Uganda lolos ke babak 16 besar. Tim besutan pelatih asal Prancis itu di atas kertas cuma butuh satu kemenangan dan satu hasil imbang untuk bisa memenuhi ambisi mereka.

Zimbabwe mengikuti Piala Afrika kedua beruntun setelah pada 201 terhenti pada fase grup tanpa satu kemenangan pun. Pelatih Sunday Chidzambwa bertekad menjadikan kegagalan edisi 2017 sebagai motivasi untuk meraih hasil lebih positif di Mesir.

Dalam laga pertama di Grup A, Mesir akan menjamu Zimbabwe di Stadion Internasional, Kairo, pada Sabtu dini hari WIB pekan ini, sebelum Kongo menghadapi Uganda di tempat yang sama Sabtu malam WIB nanti.

Jadwal pertandingan Grup A (dalam WIB):


  • Sabtu (22/6) Mesir vs Zimbabwe
  • Sabtu (22/6) Kongo vs Uganda
  • Kamis (27/6) Uganda vs Zimbabwe
  • Kamis (27/6) Mesir vs Kongo
  • Senin (1/7) Uganda vs Mesir
  • Senin (1/7) Zimbabwe vs Kongo

(ant/rdk)

Sumber: covesia

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

Salah Berharap Tuah Champions Tulari Mesir di Piala Afrika

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya