0
Thumbs Up
Thumbs Down

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

Republika Online
Republika Online - Fri, 20 Sep 2019 03:12
Dilihat: 38
RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

JAKARTA - Fraksi PKS DPR sebagai salah satu pengusung RUU ini menyebut lahirnya RUU Pesantren sangat monumental dan dinantikan para ulama, ormas dan umat Islam. Hal ini karena subtansinya menguatkan keberpihakan negara pada pesantren, sebagai soko guru pendidikan nasional dan benteng penjaga akhlak dan moralitas bangsa.

"Pesantren ini sejatinya soko guru pendidikan nasional yang lahir dari rahim ulama dan ormas-ormas Islam. Oleh karena itu, Fraksi PKS berjuang keras untuk masukkan aspirasi seluruh ulama dan ormas Islam terkait dengan keberagaman pesantren di Indonesia," kata Ketua Fraksi Jazuli Juwaini, dalam siaran persnya, Kamis (19/9).

Anggota DPR yang juga jebolan pesantren ini mengatakan tiap ormas memiliki karakteristik pendidikan pesantren sendiri, maka semua itu dipastikan oleh Fraksi PKS terakomodir dalam RUU Pesantren.

"Keunikan, kekhasan, dan kekhususan karakter dan kurikulum pesantren yang ada dan beragam menjadi kekayaan bangsa. Fraksi PKS mengusulkan secara eksplisit agar semuanya terakomodir dalam RUU dan kewajiban negara untuk memberikan dukungan optimal baik dari sisi kebijakan, pembinaan, sarana prasarana, dan anggaran," katanya.

Fraksi PKS dalam pendapatnya menegaskan pesantren terdiri atas pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk pengajian kitab kuning; pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk dirasah Islamiah dengan pola pendidikan muallimin; atau pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk lainnya yang terintegrasi dengan pendidikan umum.

"Poin (a) untuk mengakomodir usulan dan kekhasan pesantren NU. Poin (b) untuk mengakomodir pesantren bercorak khusus seperti Gontor dan sejenisnya, serta poin (c) untuk mengakomodir karakter pesantren lain di luar dua corak sebelumnya, yang baru-baru ini diusulkan oleh Muhammadiyah dan beberapa ormas lain," kata Jazuli.

Alhamdulillah, lanjut Jazuli, di rapat kerja penyampaian pendapat akhir mini tadi (Kamis, 19/9) rumusan usulan Fraksi PKS itu disetujui masuk RUU," ungkapnya.

Anggota DPR Dapil Banten ini berharap dengan lahirnya UU Pesantren, seluruh pesantren di Indonesia makin berkualitas sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan, agama, dan peradaban.


Rencananya, RUU Pesantren akan disahkan oleh DPR dalam waktu dekat. Pada Kamis (19/9) telah disampaikan pendapat akhir mini fraksi-fraksi dan pemerintah di DPR. Paripurna pengesahan dijadwalkan dalam pekan depan.

Berita Terkait
  • Pemerintah dan DPR Berdebat soal Dana Abadi Pesantren
  • RUU Pesantren, Pemerintah Belum Setujui Pasal Dana Abadi
  • RUU Pesantren Belum Akomodasi Aspirasi Semua Ormas Islam
Berita Lainnya
  • IHSG Pekan Ini Berpeluang Menguat
  • Yuda Bustara Bagi Resep Saus Sambal Rumahan

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

RUU Pesantren Disebut DInantikan Ulama dan Umat Islam

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya