0
Thumbs Up
Thumbs Down

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

Republika Online
Republika Online - Wed, 30 Sep 2020 18:40
Dilihat: 99
Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

TEXAS -- Masker pernapasan N95 telah menjadi sangat penting bagi petugas kesehatan. Tetapi enam bulan setelah pandemi, kita masih mengalami kekurangan masker ini.

Sekarang, sekelompok peneliti yakin mereka telah menemukan cara yang murah dan sederhana untuk mendisinfeksi N95. Dengan cara ini, memungkinkan masker untuk dipakai beberapa kali, sehingga dapat berpotensi mengurangi kekurangannya.

Dalam hal masker, N95 atau masker respirator serupa lainnya adalah pencegahan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Namun meskipun masker ini menawarkan penyaringan yang lebih baik, harganya juga lebih mahal dan lebih sedikit tersedia untuk masyarakat umum.

Untuk tujuan praktis sehari-hari, jenis masker lain dapat digunakan dengan cukup baik. Tetapi jika Anda bekerja dalam bidang medis, memiliki akses ke perlindungan terbaik yang tersedia sangatlah penting.

Para peneliti di Laboratorium Akselerator Nasional SLAC Departemen Energi, Universitas Stanford, dan Cabang Medis Universitas Texas telah menemukan cara untuk mengatasi kekurangan masker respirator ini.

Menurut mereka, kombinasi panas sedang dan kelembapan relatif tinggi dapat mendisinfeksi masker N95 tanpa memengaruhi kemampuannya untuk menyaring virus, dilansir di ZME Science, Rabu (30/9).

Penulis makalah, termasuk peraih Nobel Steven Chu, menemukan bahwa perlakuan panas 75 derajat C selama 30 menit atau 85 derajat C selama 20 menit pada kelembaban relatif 100 persen menghasilkan dekontaminasi SARS-CoV-2 yang efisien, serta RNA virus lainnya seperti flu biasa dan virus chikungunya, tanpa menurunkan efisiensi filtrasi kain.

Mereka menguji suhu mulai dari 25 hingga 95 derajat Celcius hingga 30 menit dengan kelembaban relatif hingga 100 persen. Tetapi suhu tepat tampaknya antara 75 dan 85 derajat C karena lebih panas dapat berisiko menurunkan material, dan lebih dingin kemungkinan tidak menghancurkan semua virus.

"Ini benar-benar masalah, jadi jika Anda dapat menemukan cara untuk mendaur ulang masker beberapa puluh kali, kekurangannya akan berkurang," kata fisikawan Stanford Steven Chu, penulis senior pada makalah ini.

"Anda dapat membayangkan setiap dokter atau perawat memiliki koleksi pribadi hingga selusin masker. Kemampuan untuk mendekontaminasi beberapa masker ini saat mereka sedang rehat akan mengurangi kemungkinan masker yang terkontaminasi virus COVID akan mengekspos pasien lain," jelasnya.

Hasilnya tidak terlalu mengejutkan karena panas dan kelembapan dikenal sebagai sarang virus. Tetapi menemukan kisaran suhu, kelembapan, dan waktu yang tepat sangat berharga bagi rumah sakit untuk menetapkan protokol disinfektan mereka sendiri.


Menurut hasil, masker dapat didekontaminasi dan digunakan kembali setidaknya 20 kali. Para peneliti mengatakan bahwa bahkan setelah pandemi ini, metode tersebut masih dapat digunakan untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi rumah sakit.

Berita Terkait
  • 70 Persen Masker KN95 China tak Penuhi Standar Filtrasi
  • Masker N95 dan KN95, Apa Bedanya?
  • Masker N95 Bisa Didekontaminasi dengan Rice Cooker
Berita Lainnya
  • Lagi, Wanita Muda India Tewas Usai Diperkosa Beramai-ramai
  • Pemkot Jakut Distribusikan 10 Ribu Alat Rapid Test

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

Riset Temukan Cara Efektif Sterilkan Kembali Masker N95

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya