0
Thumbs Up
Thumbs Down

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

carmudi
carmudi - Thu, 15 Aug 2019 13:13
Dilihat: 72
Yamaha NMax bekas masih banyak diminati dibanding Aerox karena biaya servisnya enteng. Foto/Tenaga Kuda.

Jakarta - Yamaha NMax menjadi skuter fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. skutik yang debut perdana pada 2015 lalu sukses memikat kalangan bikers di Indonesia. Selain punya gaya touring yang nyaman, biaya servis Yamaha NMax juga masih terjangkau.

Tahun ini, NMax sudah memasuki tahun keempat. Eksistensinya tetap bertahan sekalipun Honda telah merilis PCX versi lokal. Agar makin sesuai dengan selera pemotor lokal, Yamaha Indonesia melakukan pembaruan pada NMax yang merupakan generasi kedua di tahun 2018 lalu. Salah satu upgrade yang dilakukan dengan mengganti suspensi belakang dengan versi subtank.

NMax jadi idola karena memiliki posisi berkendara yang santai dan nyaman. Performa mesinnya lumayan bandel dengan pengendalian yang lincah. Selain itu, skutik gambot 155 cc ini paling mudah dimodifikasi. Sangat banyak aksesoris baik itu OEM dari Yamaha atau produk aftermarket yang bisa jadi obat ganteng NMax.

Aksesoris Yamaha NMax bisa setara dengan harga satu unit NMax baru

Di luar paket kosmetik tadi, orang memilih NMax karena termasuk mudah dan murah dalam perawatannya. Tidak heran, karena Yamaha Indonesia sejak awal telah memproduksi NMax secara lokal. Ketersedian sparepart skutik ini pun mudah dicari di toko resmi atau toko sparepart motor biasa.

Nah, bicara soal biaya servis Yamaha NMax ini, Carmudi Indonesia pun mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan salah satu bengkel resmi Yamaha di Jakarta, Yamaha Citra Motor. Terlebih untuk pemilik Yamaha NMax keluaran pertama yang sudah berkisar selama empat tahun.

Waktu pemakaian selama empat tahun sudah waktunya melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mungkin servis besar untuk mengembalikan performa. Sudah jadi kewajiban bagi pemilik Yamaha NMAX ini untuk tahu kapan waktu perawatan dan apa saja yang perlu diperiksa selama servis rutin atau servis besar.

#sp-ea-53059 .spcollapsing { height: 0; overflow: hidden; transition-property: height;transition-duration: 500ms;} .sp-easy-accordion iframe {width: 100%;}#sp-ea-53059.sp-easy-accordion .sp-ea-single {border: 1px solid #e2e2e2; }#sp-ea-53059.sp-easy-accordion .sp-ea-single .ea-header a {color: #ffffff;}#sp-ea-53059.sp-easy-accordion .sp-ea-single .ea-body {background: #fff; color: #444;}#sp-ea-53059.sp-easy-accordion .sp-ea-single {background: #1e73be;}#sp-ea-53059.sp-easy-accordion .sp-ea-single .ea-header a .ea-expand-icon.fa { float: left; color: #444;font-size: 16px;} Biaya Servis Ringan Yamaha NMax

Seperti kendaraan lain pada umumnya, terdapat servis ringan dan servis besar pada Yamaha NMax. Servis ringan dimulai pada pemakaian 1.000 kilometer pertama dan setelahnya dilakukan saat skutik tersebut sudah menempuh jarak 2.500 sampai 3.000 km. Kepala bengkel Yamaha Citra Motor, Hamdi, menyebut bila jarak tempuh ini lebih cepat dari rekomendasi sebenarnya setiap 4.000 kilometer.

"Biasanya kalo di kita, disarankan ke konsumen di 2.500 - 3.000 km. Ini sekalian dia (konsumen) ganti oli. Soalnya, di NMax itu kan ada indikator oli, kedap-kedip indikatornya. Biasanya kita barengin aja," jelas Hamdi pada Carmudi.

Selang hawa pada Yamaha NMax. Foto/Carmudi.[/caption]

Servis Ringan Yamaha NMax

Untuk servis ringan, tidak ada komponen yang perlu diganti pada NMax. Hamdi mengatakan hanya perlu perawatan dan ganti oli saja. Penggantian beberapa part dilakukan secara berkala setelah mencapai jarak tempuh tertentu.

"Kalau itu (pergantian komponen) biasanya tergantung berkala. Kayak busi di jarak 9.000 kilo meter, terus filter udara 15.000 kilo meter, itu tergantung kilometer (jarak). Servis ringan kan per 3.000 kilo meter, terus 6.000 kilometer, itu belum ada pergantian," jelas Hamdi.

Harga busi Yamaha NMax ini relatif terjangkau, pada kisaran Rp 15-25 ribu. Sementara itu, harga oli Yamalube berkisar Rp 60 ribuan. Paling penting biaya servis ringan di tiap bengkel resmi Yamaha, harga yang dipatok bisa berbeda-beda.

Jasa servis ringan di bengkel Yamaha Citra Motor sendiri dikenakan biaya Rp60.000. Biaya tersebut sudah termasuk pengecekan scan kerusakan dan reset ECU dengan menggunakan komputer untuk Yamaha NMax.

Servis Besar Yamaha NMax

Sekalipun telah rutin melakukan servis ringan, servis besar juga tetap perlu dilakukan pembesut Yamaha NMax. Sebab, dengan servis besar ini bertujuan mengembalikan performa motor yang sudah menurun seperti baru kembali. Hamdi mengatakan kalau bahan bakarnya bagus, servis besar bisa dilakukan di atas 40.000 hingga 50.000 km.

Servis besar Yamaha NMax di bengkel besar tarifnya berbeda beda[/caption]

Servis besar itu kan istilahnya membersihkan kotoran, karbon-karbon yang ada di ruang bakar. Nah, karbonnya itu berasal dari bahan bakar. Jadi, tergantung bahan bakar yang dipakai saja," jelas Hamdi.

Bicara soal kualitas bahan bakar ini, Hamdi menuturkan bila servis besar makin cepat dilakukan apabila si pemilik rajin meminumkan bensin Premium ke motornya. Akibatnya, karbon sisa pembakaran di ruang bakar lebih cepat menumpuk.

"Itu tergantung bahan bakar ya, kecuali kalau kita pakai premium. Di atas premium itu, mungkin di 40.000, kadang-kadang di 50.000 km, juga masih bersih karbonnya. Biasanya, Yamaha NMax yang sudah menempuh jarak 30.000 km, karbonnya masih sedikit," jelas Hamdi.

Saat servis besar ini, memang butuh beberapa penanganan khusus untuk membersihkan kerak karbon sisa pembakaran. Bagian intake dan exhaust perlu malakukan skir klep, dan klepnya sendiri juga perlu dibersihkan. Karena harus lepas head blok, maka perlu ganti paking dengan yang baru.

"Saat servis besar, otomatis bloknya dibuka tuh. Nah, kalau sudah kita buka dan kita pasang lagi, resikonya bocor kalau pakai paking bekasnya. Makanya, paking diganti dan skir klep saja untuk servis besar," jelas Hamdi.

Biaya Servis Besar Yamaha NMax

Kondisi bengkel resmi Yamaha[/caption]

Ritual servis besar ini menurut Hamdi perlu untuk motor bermesin 4-tak termasuk Yamaha NMax. Karbon sisa pembakaran di mesin 4-tak baru mengendap setelah dipakai hingga puluhan ribu kilometer. Dengan demikian, membersihkan ruang bakar tidak perlu dilakukan saat servis rutin.

"Kalau servis besar kan kita bersihin karbon, NMax kan termasuk kategori 4-tak. Kalau mesin 4-tak itu walaupun kita servis ringan, ruang bakarnya jarang dibuka. Kecuali servis besar aja dibukanya, di 40.000 - 50.000 kilometer itu harus bersih," jelas Hamdi.

Masing-masing bengkel Yamaha memiliki biaya servis yang berbeda-beda. Untuk jasa servis besar di diler Yamaha ini, NMax dikenakan biaya berkisar Rp120.000.

"Ada yang jasa di atas Rp120.000 sama skir klep, ada yang Rp120.000 tapi skir klepnya beda lagi, tergantung bengkelnya. Kalo di kita, skir klepnya satu lubang itu Rp40.000. Ada empat lubang berarti total Rp160.000-an, yang mahal di skir klepnya saja," kata Hamdi.

Masalah Seputar Yamaha NMax

Setiap kendaraan memiliki kekurangan masing-masing, termasuk Yamaha NMax. Skutik gambot ini kadang mesinnya terdengar suara berisik seperti suara 'tek.. tek..'.

Kalo yang dari mesin itu, bearingnya, Orang bilangnya 'kelaher' ya. Soalnya harganya murah sih, cuman Rp25.000. Itu asalnya dari putaran mesin kan, yang bikin 'klotok-klotok'. Biasanya, kejadiannya di atas 20.000 kilometer, ada cuman nggak semuanya dan beberapa unit aja," jelas Hamdi.

Hamdi mengatakan suara tersebut biasanya terjadi saat NMax sedang dijalankan. Untuk memperbaikinya pun cukup dengan mengganti bearing-nya saja. "Cuman dibuka head-nya, ganti bearing-nya, hilang suaranya," jelas Hamdi.

Kayaba Zeto tabung jadi pilihan tepat up-grade shockbreker Yamaha NMax (Istimewa)[/caption]

Masalah lainnya yang juga dikeluhkan sebagian pemilik Yamaha NMax yaitu shockbreaker belakang yang keras. Ini biasanya terjadi pada NMax generasi awal atau keluaran tahun 2015 karena mengadopsi setting suspensi serupa pasar Eropa. Substitusi memakai shockbreaker NMax baru dengan subtank bisa dilakukan.

"Bisa pakai yang subtank, seperti yang baru tinggal dipasang saja. Tinggal ditukar karena sama lubang sparbor belakang NMax," katanya

Hamdi pun menuturkan ada cara murah meriah untuk mensiasati kerasnya suspensi NMax itu. Substitusi memakai shockbreaker bawaan Yamaha X-Ride menurutnya membuat bantingan NMax jadi lebih empuk.

"Pakai X-ride juga bisa dari Yamaha punya, lebih enak. Shockbreaker yang lama kan lumayan mahal, sejuta berapa gitu kalo nggak salah harganya, kalau pakai Yamaha X-ride yang lama paling Rp700.000," tutup Hamdi.

Penulis: Nadya Andari dan Yongki Sanjaya

Editor: Tutus Subronto

Baca juga:


Yamaha NMax Bekas Lebih Laris Dibandingkan Aerox, Ini Alasannya
Sumber: carmudi

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

Rincian Biaya Servis Ringan dan Besar Yamaha NMax, Tidak Bikin Kantong Bolong

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya