0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

Republika Online
Republika Online - Thu, 14 Oct 2021 10:43
Dilihat: 45
Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil merespons terkait kepulangan atlet peraih medali emas Cabor Selama PON XX Papua 2021, Dhea Nazhira Nuramalina, menggunakan bus umum merupakan pilihan sang atlet. Karena, ingin memberikan kejutan kepada keluarganya.

Menurut Ridwan Kamil, Dhea tidak ingin menggunakan kendaraan yang sudah disediakan panitia. Sebab, Dhea tidak ingin kepulangannya disambut dengan meriah.

"Atlet kebanggaan ini memberikan keterangan bahwa ia ingin bikin surprise ke keluarganya dan tidak mau kepulangannya diramai-ramaikan oleh pemerintah setempat, sehingga memilih pulang naik kendaraan umum ketimbang yang disediakan panitia," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, dalam siaran persnya, Kamis (14/10).

"Namun semua ini sudah dievaluasi kepada KONI provinsi dan kota/kabupaten agar berkoordinasi dengan lebih matang, sehingga tidak menjadi salah prasangka. Tetap semangat untuk semua atlet Jawa Barat. Kemenangan sudah dekat. Insya Allah," imbuhnya.

Peluang Jabar menjadi juara umum sangat terbuka lebar. Berdasarkan situs resmi KONI Jabar pada Kamis (14/10) pukul 08.00 WIB, Jabar masih memuncaki klasemen perolehan medali dengan 125 emas, 97 perak, dan 114 perunggu.

Berada di posisi kedua Jawa Timur yang sudah merangkum 106 emas, 86 perak, dan 80 perunggu. Sedangkan DKI Jakarta menempati peringkat ketiga dengan perolehan medali 100 emas, 87 perak, dan 96 perunggu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar yang juga Chief de Mission Kontingen PON Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, memastikan semua atlet, pelatih, dan ofisial mendapatkan akomodasi yang baik. Mulai dari pemberangkatan, gelaran, sampai kepulangan.

"Semua mendapat fasilitas yang baik. Kami juga memastikan para atlet, pelatih, dan ofisial, yang sudah berjuang untuk Jabar sampai ke rumah masing-masing dengan selamat," kata Setiawan.

Meski demikian, menurut Setiawan, atlet diberi kebebasan memilih dalam proses kepulangan. Seperti Dhea yang memilih pulang sendiri dari Bandung ke rumahnya di Ciamis.

"Semua kepulangan sudah difasilitasi oleh KONI. Dari Jayapura-Jakarta, dan Jakarta-Bandung. Untuk selanjutnya pulang ke masing-masing daerah," katanya.

"Awalnya, Dhea akan pulang ke Ciamis dengan pamannya dari Bandung. Ternyata tidak jadi. Dhea kemudian memutuskan pulang dengan bus bersama ibunya," imbuhnya.

Selain itu, Setiawan pun menuturkan bahwa pihaknya memperhatikan kesehatan dan keamanan Kontingen PON Jabar dari penularan Covid-19. Selain menjamin sarana prasarana penunjang protokol kesehatan (prokes), pengetesan juga dilakukan secara rutin.

Pemprov Jabar pun, kata dia, turut mengirim tim kesehatan khusus untuk melakukan tes Covid-19. Kontingen PON Jabar pun mendapatkan banyak bekal, seperti vitamin dan sarana penunjang prokes.

"Seminggu sebelum PON, Tim Labkes Jabar sudah stand by di Papua. Kami ingin mengetes sendiri. Jadi di luar tim kesehatan pertandingan, kita ada tim kesehatan khusus untuk Covid-19," katanya.

Menurut Setiawan, aktivitas kontingen Jabar dibatasi untuk memberikan keamanan dari penularan Covid-19. Fasilitas Kontingen PON Jabar pun sangat diperhatikan selama berada di Papua.

"Atlet tidak boleh keluar setelah melaksanakan pertandingan. Mereka wajib langsung ke penginapan dan tidak boleh keluar. Kami 100 persen melayani kebutuhan-kebutuhan atlet. Untuk menjaga kesehatan, yang paling pokok selain vitamin, kita memberikan air yang lebih agar tidak dehidrasi," katanya.

Setiawan mengatakan, apa yang dilakukan Pemprov Jabar bersama KONI Jabar semata-mata agar Kontingen PON Jabar dapat tampil maksimal dan mewujudkan target menjadi juara umum.


"Kami ingin mereka bisa fokus pada pertandingan. Hal-hal di luar pertandingan biar jadi urusan kami. Dan kami terus berusaha untuk memastikan mereka mendapatkan fasilitas yang baik," katanya.

Berita Terkait
  • Pelepasan Kafilah STQH Jawa Barat ke STQH Nasional
  • Ridwan Kamil Bagikan Resep Bina Atlet Jabar Jadi Juara
  • Produk Alas Kaki Jabar Banyak Dicari Pasar Internasional
Berita Lainnya
  • Agromaritim Dapat Menjadi Leading Sector Ekonomi Indonesia
  • Kodam Jaya Sudah Temukan TNI yang Bantu Rachel Vennya Kabur

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

Ridwan Kamil: Peraih Emas Pon Pilih Pulang Pakai Bus

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya