0
Thumbs Up
Thumbs Down

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

telsetNews
telsetNews - Thu, 17 Sep 2020 09:00
Dilihat: 57

Telset.id - Tepat 6 bulan setelah menghadirkan realme 6 di Indonesia, realme 7 diperkenalkan sebagai suksesor dengan peningkatan signifikan. Smartphone ini merupakan ponsel pertama dengan prosesor MediaTek Helio G95, yang bikin kami tertarik untuk melakukan review realme 7.

Mengusung slogan "Power Master", realme 7 bukan cuma ponsel yang mengandalkan MediaTek Helio G95 saja. Smartphone ini dikemas dengan desain yang berbeda dan telah mengusung fitur-fitur yang ditunggu pengguna, yakni NFC.

Nah, tentu Anda penasaran seperti apa realme 7 ini kan? Makanya, tim Telset.id saat ini akan membahasnya secara lengkap lewat review realme 7 berikut ini.

{Baca juga:Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Dalam review, kami akan membahas berbagai aspek pada ponsel pintar tersebut. Mulai dari desain, spesifikasi dan performa, gaming, sampai ke urusan kamera. Yuk simak!

Desain dan Layar

Akhirnya, realme keluar dari "zona nyaman" saat merancang realme 7. Bagaimana tidak, ponsel ini mengusung desain yang gak mainstream, gak itu-itu lagi, dan tampil dengan tampang yang berbeda.

Hmmm.. Desain berbeda di sini, maksud kami justru desain bagian belakangnya. Sebab, desain bagian depan pada realme 7 masih cenderung mirip dengan seri sebelumnya, realme 6.

Ponsel pintar ini tampil dengan layar full screen yang memiliki lubang kamera atau punch hole di sudut kiri atas layar. Layarnya sendiri berukuran 6,5 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio yang cinematic 20 : 9.

Bezel kiri, kanan, atas, dan bawah yang mengelilingi layar tergolong tipis. Alhasil, aspek rasio layar terhadap body pun sangat tipis, tepatnya 90,5%.

Layar realme 7 sendiri telah mengantongi sertifikat dari TV Rheinland. Bukan sertifikasi biasa, melainkan sertifikasi tahan uji yang mengharuskan ponsel melalui 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil yang mencakup berbagai skenario penggunaan.

Untuk membuktikan kalau ponsel ini lulus uji tes TV Rheinland, realme bahkan menyertakan kartu sertifikat dalam paket pembelian.

Tak cuma itu, layar realme 7 juga telah mendukung teknologi 90Hz Ultra Smooth dan touch sampling 120Hz. Layarnya pun mampu menampilkan konten dengan tingkat intensitas cahaya maksimal mencapai 480 nits.

Fitur-fitur terkini disematkan realme pada layar ponsel pintar terbarunya ini. Misalnya, Punch-hole Light Effect yang membuat lubang kamera akan menyala ketika fitur face unlock aktif.

Lalu, ada fitur Eye Protection yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dan suhu warna dari layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru. Fitur ini bisa mencegah ketegangan mata. Kemudian, Custom Color Mode.

Fitur ini bisa menampilkan mode tampilan warna Vivid atau mode Gentle. Mode warna Vivid akan menampilkan konten dalam gamut warna P3 yang memberikan efek warna cantik. Sedangkan mode Gentle memberikan tampilan dengan warna polos dan lebih nyata.

Terakhir, ada OSIE. OSIE diklaim dapat mewujudkan optimasi visual berbasis perangkat lunak pertama di industri untuk video pendek.

Fitur ini akan membantu aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, TikTok, Vmate, Vigo, dan Likee dalam meningkatkan kualitas gambar dan efek visualnya. Dalam hal ini dengan meningkatkan saturasi dan kontras gambar serta mengurangi noise.

Ke bagian belakang, di sinilah desain berbeda yang kami maksud di awal. Perusahaan asal China itu kini berani untuk "tidak main aman" dalam hal merancang body belakang ponsel terbarunya.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet "PC-like" dengan Kinerja Tinggi}

Sudah sejak lama realme terus-menerus memberikan sentuhan desain yang itu-itu saja pada body belakang smartphone mereka. Mulai dari kelas menengah sampai flagship sekalipun, desain bagian belakangnya nyaris selalu sama.

Tapi di realme 7, desain lebih berkarakter diimplementasikan oleh realme. Unit realme 7 yang kami review dilapisi dengan warna Mist White atau Putih Kabut. Konsep warnanya sebenarnya mirip seperti Comet White pada realme 6.

Tapi, warna ini cenderung menampilkan warna biru muda yang cukup terang, mirip langit yang bersih di pagi hari. Dan lagi, terdapat efek dual-tone warna pada body belakang realme 7, warna sebelah kiri dengan space kecil cenderung glossy, dan sebelah kanan lebih matte.

Menariknya, ketika terkena paparan cahaya yang pas, akan muncul efek warna merah muda, jingga, dan merah yang muncul di sekujur tubuh realme 7.

Tapi, ada sedikit kekurangan pada body realme 7. Karena menggunakan bahan polycarbonate saja, bukanpanel kaca ataupun glastic (perpaduan panel kaca dan polycarbonate), kami merasa kalau panel body belakang smartphone ini cukup tipis.

Hal itu kami ketahui ketika sedikit menekan bagian tengah bawah body belakang. Body tersebut terlihat menekuk, meski kembali lagi ke bentuk semula.

Untung saja, realme memberikan softcase secara gratis dalam paket pembelian. Pengguna bisa memanfaatkan softcase tersebut untuk memberikan keamanan yang lebih baik.

Bukan cuma warna saja yang berbeda, tapi juga bentuk dari frame kamera. Masih vertikal, tapi sedikit lebih besar dan elegan. Frame kamera ini menjadi tempat bagi empat kamera belakang, LED Flash, dan slogan "64MP AI Camera".

Ke bagian bawah, terdapat jack audio 3,5 mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker. Ke sisi kanan, ada tombol power yang bertugas juga sebagai sensor sidik jari dengan respon yang cepat. Sementara sisi kiri, ada tombol volume dan slot dual SIM + microSD.

#tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item1 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-8-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; } #tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item2 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-9-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; } #tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item3 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-10-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; } #tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item4 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-11-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; } #tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item5 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-12-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; } #tdi_1_585 .td-doubleSlider-2 .td-item6 { background: url(https://telset.id/wp-content/uploads/2020/09/Review-Realme-7-14-80x60.jpg) 0 0 no-repeat; }
1 of 6

Fitur yang ditunggu-tunggu oleh realme Fans, yaitu NFC kini sudah tersedia di realme 7. Sensor NFC terletak di body belakang atas ponsel, di mana pengguna dapat mengecek dan menambah saldo pada kartu elektronik ketika fitur tersebut diaktifkan dan kartu ditempelkan pada sensor.

Artikel Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman" dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.id.

Sumber: telsetNews

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari "Zona Nyaman"

  
Berita Trending Gadget
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya