0
Thumbs Up
Thumbs Down

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

Nusabali
Nusabali - Tue, 21 Sep 2021 08:26
Dilihat: 52
Renang Genjot Sprint Jarak PendekMANGUPURA,
Para perenang Bali saat ini menjalani latihan dengan porsi memperbanyak sprint jarak pendek di Kolam Renang Tirta Harum Blahkiuh Badung. Langkah itu jadi fokus utama untuk menunjang kecepatan, khususnya sprint jarak pendek 15 meter, 20, dan 25 meter.

"Kecepatan jadi fokus utama tim renang Bali, karena itu harus digenjot menjelang PON XX/Papua 2021," ucap Pelatih Kepala Renang Bali, Wayan Wiarta, di Badung, Senin (20/9).

Wiarta ingin latihan menambah kecepatan perenang hingga sampai 100 persen. Apalagi saat ini sulit mencapai kecepatan maksimal dan cukup berat mencapai progres 100 persen. Makanya, harus jeli menggunakan bentuk bentuk latihan untuk menunjang kecepatan.

"Waktu sprint jarak pendek dibantu dengan kartal air. Atlet berenang kemudian ditarik pakai katrol air," terang Wiarta.

Wiarta yang juga Binpres PRSI Bali itu membantu menarik katrol air hingga membantu 20 - 40 persen. Minimal frekuensi putaran lengan dimaksimalkan dipercepat.

Harapannya, ketika alat bantu dilepas, atlet terbiasa melakukan frekuensi tenang dengan cepat. Sebab, saat ini progres atlet renang Bali masih 96 persen. Artinya masih minus empat persen untuk mencapai catatan waktu terbaik di nomor tersebut.

Semua diperkiraan Wiarta mengacu emas PON sebelumnya. Contoh target catatan waktu 53 detik untuk 100 meter gaya bebas. Namun saat ini masih ditempuh lebih dari 55 detik. Dengan demikian masih ada kelebihan catatan waktu untuk atlet renang Bali. Padahal untuk mewujudkan medali emas di nomor 100 meter gaya bebas harus kurang dari 53 detik. Artinya perenang harus meningkatkan kecepatan 2 detik lagi.

"Rata - rata 96 persen dialami 9 atlet renang Bali. Saya berharap bisa meningkatkan progresnya," harap Wiarta.

Wiarta yang juga Komisi Teknik PB PRSI mengaku sudah memantau semua renang rival. Dari informasi yang berkembang, kata Wiarta, kondisi para perenang daerah lain juga hampir sama dengan yang dialami perenang Bali. Rata - rata belum mencapai 100 persen, sehingga perenang Bali memiliki peluang meraih medali.

Sementara perenang Bali yang turun di PON Papua yakni Dewi Novita Lestari, Ni Made Putri Yunadi, Pande Made Iron Digjaya, I Putu Wirawan, Muhammad Fauzan Martzah, Komang Adinda Nugraha, Evalilian Van Leenen, Agus Nuarta dan Dewa Gede Anom Artha Tanaya. *dek
Sumber: Nusabali

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

Renang Genjot Sprint Jarak Pendek

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya