0
Thumbs Up
Thumbs Down

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

Citra Indonesia
Citra Indonesia - Fri, 22 Oct 2021 14:22
Dilihat: 61
Redefining Commitment For Consumer Protection :)

JAKARTA, - Menyongsong puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-9 tahun 2021 akan digelar pada 28 Oktober mendatang di Jakarta. Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) menggelar webinar edukasi konsumen bertemakan: Redefining Commitment For Consumer Protection (21/10/2021). Webinar yang dilaksanakan dengan format dialog ini, merupakan upaya kolaborasi bersama sekaligus edukasi kepada masyarakat konsumen, dan bertujuan : mendifinisikan kembali komitmen stakeholders dalam mengembangkan upaya yang berkesinambungan guna menegakkan perlindungan konsumen, di era pandemic dan era digitalisasi saat ini.

Menghadirkan 5 orang pembicara, yang mewakili 3 unsur, unsur Pelaku Usaha Barang dan Pelaku Usaha Jasa, unsur Perwakilan Konsumen serta Pemerintah, dialog edukasi perlindungan konsumen yang dipandu oleh moderator Srie Agustina, WidyaIswara Ahli Utama Kementerian Perdagangan ini, berjalan dalam suasana hangat dan interaktif.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggrijono, berharap para peserta Webinar mengemukakan bahwa saat ini era perdagangan telah jauh berubah. Transaksi perdagangan konvensional mulai ditinggalkan. Format transaksi digital mulai berkembang. Sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce.

"Pada tahun 2020 terdapat kenaikan nominal transaksi e-commerce 29,6% dari Rp205,5 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp266,3 triliun. Tingginya pemanfaatan e-commerce selain memberikan dampak positif, juga memberikan resiko kerugian konsumen. Bahkan dalam dua tahun terakhir, tercatat sebanyak 7.368 pengaduan didominasi cara menjual melalui transaksi yang tidak mengikuti kaedah kaedah perlindungan-konsumen dengan beragam alasan," ungkap Veri Anggrijono.

  • Mendag Gelar Harkonas Ke-VII Tahun 2020 dan Meriah
  • Ke Harkonas Expo Yok
  • Dirjen PKTN : Enam Kepala Daerah Jadi Contoh di Harkonas 2020

Oleh karena itu, sambung Veri : "Ditjen PKTN berkomitmen untuk melakukan perlindungan kepada konsumen ini, melalui konsistensi pengawasan, menangani pengaduan pengaduan yang merugikan konsumen, serta regulasi yang implementatif untuk menyeimbangkan kepentingan konsumen dan pelaku usaha" tegas Veri.

Ditjen PKTN Kemendag RI adakan dialogis kolaboratif menyongsong puncak Harkonas 2021 dipandu oleh Srie Agustina, WidyaIswara Ahli Utama Kemendag RI. Foto Oli

Ditambahkan bahwa di era transaksi perdagangan digital ini, maka upaya bersama semua pemangku kepentingan yang terpadu didukung oleh digitalisasi sistem pengawasan, penyelesaian pengaduan serta konsisten akan standarisasi sebagai jaminan kepada konsumen, menjadi sangat penting.

Sementara itu, Fika Darana, Direktur Marketing PT Mayora Indah Tbk, yang menjadi pembicara mengatakan bahwa PT Mayora yang sekarang tumbuh menjadi Perusahaan dengan World Class Manufacturing Quality, dalam produksi dan perdagangan produknya, selalu menjadikan konsumen sebagai subjek, bukan objek perdagangan.

"Kita harus selalu dekat dengan konsumen, mendengarkan mereka dan menempatkan konsumen selalu di hati, consumer in our heart, targetnya adalah bagaimana produk Mayora selalu terpercaya oleh konsumen Indonesia maupun di mancanegara" kata Fika mencontohkan keberhasilan perusahaan tersebut.

Mendukung pernyataan Fika, penggiat perlindungan konsumen, Indah Suksmaningsih mengemukakan bahwa menjadi konsumen itu tidak cukup dengan kritis tanpa kesadaran bertindak. Caring the other people, menjadi ciri konsumen masa depan, konsumen yang peduli, apalagi di era pandemi seperti saat ini.

Menurut Indah "sudah seharusnya konsumen itu ditempatkan dari fungsinya, pertama sebagai diviner, minat atau pilihan konsumen akan menjadi penentu produksi dan perdagangan suatu barang, kedua sebagai informan, konsumenlah yang bisa menginformasikan apa yang dibutuhkan pasar saat ini, dan ketiga konsumen sebagai evaluator, konsumen dapat memberika feedback berdasarkan pengalamannya mengkonsumsi barang atau menggunakan jasa"

Sedangkan Dadan Rudiansyah Direktur, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang juga pembicara, menjelaskan bahwa di era pandemi saat ini PT KAI terus bertransformasi dengan menempatkan konsumen sebagai proritas utama.

"PT KAI berkomitmen akan terus melayani konsumen dengan menjaga keselamatan, Kesehatan dan keamanannya, membuka akses yang luas dengan menyiapkan saluran pengaduan konsumen, didukung jajaran yang disiplin dan konsisten dalam menjaga komitmen tersebut" tambah Dadan saat menjelaskan langkah nyata PT KAI perlindungan konsumen pada dialog tersebut.

Hal yang sama diungkapkan oleh Dhini Aminarti Duta Wardah Indonesia. Wardah selalu hadir sesuai kebutuhan konsumen. Inovasi terus dikembangkan, sejalan hasil riset yang selalu dilakukan. Dengan perkataan lain produk wardah sangat mengerti kebutuhan konsumen atas produk halal, dibuktikan dari bahan baku yang halal dari MUI dan lulus uji laboratorium dari BPOM. Wardah juga aman digunakan oleh remaja dan Ibu Ibu.

"Oleh karena itulah Wardah bisa dijumpai hampir disetiap tempat di pelosok Nusantara, dicintai dan diminati konsumen Indonesia dan mengangkat halal sebagai kekuatan pembedanya"' tambah Dhini menjelaskan keunikan produk Wardah.

Webinar edukasi konsumen ini, diikuti sebanyak kurang lebih dari 300 peserta yang terdiri dari perwakilan Kementerian/Lembaga, Asosiasi, Komunitas, Organisasi Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Mahasiswa, Pelajar, Pelaku Usaha dan elemen masyarakat lainnya.


Dialog ini ditutup oleh moderator yang menyimpulkan singkat bahwa komitmen perlindungan kosumen perlu terus ditingkatkan oleh seluruh pemangku kepentingan. Kata kuncinya adalah kolaborasi semua unsur, yaitu pelaku usaha, konsumen, pemerintah, akademisi, serta adaptif dengan dinamika perubahan di era pandemi dan era digitalisasi. Komitmen ini perlu diikuti aksi nyata demi kepentingan perlindungan konsumen di Indonesia. Harapannya agar perlindungan konsumen kedepan dapat menjadi arus utama langkah pembangunan di seluruh nusantara, dan secara bersama terus membangun kepercayaan pasar dalam bertransaks, yang menjadi tujuan seluruh stakeholders perlindungan konsumen. (olo)

Sumber: Citra Indonesia

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

Redefining Commitment For Consumer Protection :)

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya