0
Thumbs Up
Thumbs Down

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

Republika Online
Republika Online - Tue, 27 Sep 2022 14:13
Dilihat: 75
Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

JAKARTA -- Republika.co.id berencana menggelar acara Fun Brewing untuk semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap dunia kopi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Republika.co.id yang ke-27.

"Republika.co.id selalu memberikan ruang untuk membantu sektor kopi Indonesia semakin berjaya," kata Jurnalis Republika Bayu Hermawan pada Selasa (27/7/2022).

Kemudian, ia melanjutkan industri kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Hal itu bisa terlihat mulai dari sektor hulu atau di wilayah pertanian hingga ke sektor hilir seperti kedai-kedai dan yang lebih dekat bersentuhan dengan masyarakat.

Kopi dalam beberapa tahun terakhir pun bukan menjadi sekadar minuman yang menemani masyarakat beraktivitas. Bahkan, di saat pandemi Covid-19, industri kopi menjadi salah satu sektor tumpuan ekonomi banyak orang.

"Hal itu bisa kami lihat dengan banyaknya bermunculan orang-orang yang berdagang kopi susu literan hingga menjual biji kopi. Hal ini membuktikan bahwa industri kopi menjadi sektor usaha yang bukan hanya tahan banting, namun menjanjikan untuk masa-masa mendatang," kata dia.

Salah satu fenomena yang menarik dari industri kopi saat ini adalah banyak munculnya orang-orang yang tertarik menjadi penyeduh rumahan, barista rumahan atau home brewers. Tidak jarang dari mereka kemudian akhirnya terjun sebagai pelaku usaha di industri kopi dengan membuka kedai-kedai berskala kecil.

Semakin banyaknya masyarakat yang bukan hanya sekadar senang meminum kopi. Namun, juga semakin ingin mengenal seluk beluk industri kopi, maka artinya makin terbuka peluang kopi-kopi Indonesia menjadi raja di negeri sendiri.

Ia menambahkan jika pada tahun-tahun sebelumnya, ia merayakan dengan melakukan launching Republikopi, kanal khusus tentang segala hal yang berkaitan dengan kopi hingga melakukan ekspedisi Republikopi ke wilayah-wilayah penghasil kopi di Indonesia mulai dari Aceh hingga papua.

Namun, untuk tahun ini ia ingin lebih fokus pada kegiatan di sektor hilir. Selain Fun Brewing, ia juga ingin menggelar diskusi mengenai bagaimana memulai usaha kopi.

"Kami akan menggandeng sejumlah pihak baik itu dari pelaku usaha kopi berskala besar hingga UMKM serta barista-barista. Kami berharap mereka mau membagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaaf bagi orang-orang yang ingin terjun ke dunia kopi," kata dia.

Ia menjelaskan terdapat konsep kegiatan Fun Brewing. Kegiatan ini menyasar khususnya peserta usia muda mulai tingkat SMA hingga kuliah.

Dalam Fun Brewing, peserta akan belajar secara singkat bagaimana membuat latte art dan menu kopi berbahan dasar espresso. Alasan dipilihnya menu-menu kopi berbahan dasar espresso karena hingga saat ini masyarakat Indonesia masih cenderung menyukai jenis minuman tersebut.

Sementara latte art masih menjadi daya tarik bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia kopi. Nantinya materinya seperti cara membuat latte art, cara membuat espresso yang baik, resep-resep simple membuat minuman kekinian berbahan dasar espresso, pemilihan biji kopi yang sesuai untuk membuat minuman kekinian dan perbedaan-perbedaan minuman berbahan dasar espresso seperti latte, capuccino dan lain-lain.

Selain itu, ada juga diskusi memulai usaha kopi sendiri. Kegiatan ini bersifat diskusi ringan mengenai bagaimana memulai usaha kopi sendiri. Diskusi bisa dilakukan dalam bentuk podcast bersama wartawan Republika.co.id atau dihadapan peserta umum. Diskusi bisa dilakukan baik secara offline maupun online.

Materinya seperti proyeksi usaha kopi di masa mendatang, tips memulai usaha kopi, tantangan apa yang banyak dihadapi pelaku usaha kopi, apa yang harus dimiliki dan dilakukan agar bertahan di industri kopi dan pengalaman-pengalaman narasumber selama menggeluti usaha di industri kopi.

"Dalam pandangan kami, fenomena ini merupakan hal positif yang perlu untuk mendapat dukungan. Republika.co.id mempunyai keinginan agar khazanah kopi Indonesia semakin menjadi raja di negeri sendiri," ujar dia.


Berita Terkait
  • Milad ke-27, Republika.co.id Anugerahkan CSR 2022 untuk Lima Perusahaan
  • Republika.co.id Gelar Anugerah CSR 2022
  • Angkat Potensi Kopi Lokal Melalui Fun Brewing V-60 Battle
Berita Lainnya
  • Pemerintah Vietnam Desak Warga Mengungsi Hadapi Topan Noru
  • Sudin KPKP Jakarta Pusat Temukan Ikan Asin Berformalin

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

Rayakan HUT ke-27, Republika..co.id Gelar Fun Brewing

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya