0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

covesia
covesia - Thu, 27 Feb 2020 19:35
Dilihat: 34
Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

Covesia.com - Sebanyak 176 orang para pencari kerja dari berbagai daerah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja Lubuk Sikaping.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Mara Ondak menyampaikan langkah tersebut sengaja diupayakan Pemda setempat untuk menekan angka pengangguran dan mencetak calon-calon tenaga kerja terampil di Balai Latihan Kerja (BLK).

Dikatakan Mara Ondak, selain untuk mencetak generasi muda yang memiliki skill dan keterampilan menghadapi perkembangan globalisasi, pelatihan di BLK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri dan menciptakan wirausaha-wirausaha muda.

"Kita harus semangat menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini. Sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun 2020 ini adalah tahun peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM) yang telah dicanangkan oleh pemerintah," kata Mara Ondak saat membuka acara lounching pelatihan di aula BLK Lubuk Sikaping, Kamis (27/2/2020).

Menurut Mara Ondak, keberadaan BLK Lubuk Sikaping sebagai lembaga pelatihan pemerintah terus menerus konsisten dan komit dalam mencetak generasi generasi muda yang terampil.

Maka dari itu seluruh peserta pelatihan harus serius, harus fokus mengikuti tata tertib dan aturan main, sehingga sesuai dengan standar pelatihan dan tentunya akan melahirkan hasil yang maksimal.

"Adek-adekku semua masuk kesini terkait pelatihan skill dalam kondisi nol (0), hendaknya usai pelatihan juga jangan nol (0), tetapi sudah harus memiliki kemampuan dan keahlian sesuai dengan bidang yang dipelajari," kata Mara Ondak.

Utamanya, menurutnya melalui peran BLK yang digenjot Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui konsep Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Warga Pasaman dapat memanfaatkan peluang ini dan menjadikannya sebagai upaya peningkatan skill dimasa mendatang.

Kadis Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perdaginnaker), M.N Susilo mengatakan dari tahun ketahun Balai Latihan Kerja Lubuk Sikaping terus meningkatkan kegiatan pelatihan PBK di UPT BLK Lubuk Sikaping.

"Kemnaker RI terus menerus melaksanakan pelatihan secara Nasional, UPT BLK Lubuk Sikaping dalam hal ini ambil bagian dan mewujudkan cita cita Tersebut dalam upaya peningkatan Sumber daya Manusia," kata M.N Susilo.

Dijelaskan M. N Susilo, setiap siswa yang ikut pelatihan harus serius, sehingga dalam konteks pelatihan yang di ikuti oleh peserta dapat meningkatkan; Knowledge, Skill, Attitude.

"Selama pelatihan peserta akan diberikan fasilitas berupa, alat tulis kantor, tanda pengenal, modul, konsumsi, sertifikat bagi yang dinyatakan lulus, pengganti transportasi hingga kaos pelatihan," katanya.

Sementara Kepala UPT BLK Lubuk Sikaping, Haryadi mengatakan semua peserta mengikuti 11 kejuruan dengan jumlah peserta 176 orang.

"Pemerintah pusat dalam menghadapi era industri 4.0 (Four Point Zero, empat titik nol) akan meningkatkan sumberdaya manusia indonesia. Pelatihan di BLK adalah salah satunya untuk itu, Hingga tidak heran para peserta juga dengan semangat mengikuti rangkaian acara kegiatan pembukaan pelatihan, mulai dari rangkaian kegiatan melek tekhnologi berupa permainan game Kahoot.it, juga ada bentuk hiburan tiktok rame-rame," tutupnya.

(hri)



Sumber: covesia

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Pelatihan PBK di BLK Lubuk Sikaping

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya