0
Thumbs Up
Thumbs Down

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

Nusabali
Nusabali - Sat, 04 Dec 2021 06:42
Dilihat: 62
Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI
Kandidat yang lolos seleksi tahap kedua itu, termasuk di antaranya incumbent I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Mereka diperah dari 352 orang yang sebelumnya lolos seleksi administrasi. Selain 28 kandidat calon Komisioner KPU RI, Timsel yang sama juga mengumumkan 20 kandidat lolos seleksi tahap kedua calon anggota Bawaslu RI 2022-2027. Mereka diperah dari 277 orang yang sebelumnya lolos seleksi administrasi.

Ketua Timsel Calon Komisioner KPU RI dan Bawaslu RI, Juri Ardiantoro, mengatakan 28 kandidat calon Komisioner KPU RI dan 20 kandidat calon anggota Bawaslu RI ini dinyatakan lolos seleksi tahap kedua, setelah mengikuti tahapan tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi, 24-25 November 2021 lalu.

Menurut Juri Ardiantoro, Dewa Kade Wiuarsa Raka Sandi, yang kini masih menjabat Komisioner KPU RI 2020-2022, masuk daftar nomor urut 10 berdasarkan abjad, sebagai kandidat yang lolos seleksi tahap kedua. "Kode pendaftaran CP KPU 00069 itu atas nama Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi," ujar Juri Ardiantoro saat konferensi pers di Jakarta, Jumat kemarin.

Sementara, Dewa Raka Sandi mengaku sangat bersyukur namanya menjadi salah satu yang dinyatakan lolos seleksi tahap kedua calon Komisioner KPU RI. "Bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa, saya bisa melalui seleksi tahap dua. Terima kasih juga kepada teman-teman yang telah mendoakan saya," jelas Raka Sandi saat dihubungi per telepon dalam perjalanan balik ke Jakarta dari Bali, kemarin siang.

Raka Sandi menyebutkan, dirinya dalam perjalanan balik setelah pulang ke Bali, Kamis (2/12) lalu, untuk menghadiri simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu dengan penyederhanaan surat suara di Kantor KPU Bali, Jalan Cokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar.

"Jadi, saya tahunya lolos seleksi calon Komisioner KPU RI tahap kedua melalui pengumuman yang dilakukan Timsel lewat YouTube. Kemudian, beberapa teman juga memberitahu saya bahwa saya lolos ke tahap selanjutnya," terang mantan Ketua KPU Bali 2013-2018 dan anggota Bawasou Bali 2018-2020 ini.

Raka Sandi menegaskan, meski mengikuti seleksi calon Komisioner KPU RI periode 2022-2027, dirinya tidak melupakan tugasnya sebagai Komisioner KPU RI 2020-2022. Apalagi, sudah ada sejumlah agenda menanti sebelum menjalani seleksi.

Agenda tersebut, antara lain, Rakernas terkait program Desa Peduli Pemilu. Kemudian, evaluasi terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada anggota KPU di daerah-daerah, finalisasi penerbitan buku tentang strategi, inovasi, dan sosialisasi Pilkada 2024.

Menurut Raka Sandi, tahapan seleksi masih panjang. Dia pun siap mengikuti proses seleksi dengan baik dan sesuai ketentuan. "Saya juga akan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin," papar pegiat kepemiluan asal Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini.

Sementara itu, dari 28 kandidat yang lolos seleksi tahap kedua calon Komisioner KPU Rai, 18 orang di antaranya laki-laki, sementara 10 orang lagi perempuan. Jika diprosentasekan, kandidat perempuan yang lolos seleksi mencapai 35,70 pesren. Sedangkan dari 20 kandidat calon anggota Bawaslu RI yang lolos, 6 orang di antaranya perempuan.

Setelah terjaring 28 kandidat calon Komisioner KPU RI dan 20 calon anggota Bawaslu RI, Timsel membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk memberikan masukan terkait para kandidat. Masyarakat juga dapat memberitahukan informasi tentang mereka, baik mengenai hal positif maupun negatif.

Selain itu, Timsel juga bekerjasama dengan sejumlah lembaga untuk mengetahui data dan informasi mengenai para kandidat yang lolos seleksi. Lembaga dimaksud adalah kepolisian, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Kami tidak hanya ingin mendapatkan penyelenggara Pemilu yang berkompeten saja, tapi juga harus memiliki rekam jejak yang baik," tegas Ketua Timsel Calon Komisioner KPU RI dan Bawaslu RI, Juri Ardiantoro.

Juri Ardiantoro menyebutkan, mereka yang lolos seleksi tahap kedua ini nantinya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu tes psikologi lanjutan atau dinamika kelompok, 9-11 Desember 2021. Selanjutnya, para kandidat mengikuti tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, 26-30 Desember 2021.

Sedangkan tes wawancara calon anggota Bawaslu RI akan dilaksanakan 26-27 Desember 2021. Sebaliknya, tes wawancara calon Komisioner KPU RI baru akan digelar 28-30 Desember 2021.

Dari seleksi ini, nantinya akan diambil 14 orang calon Komisioner KPU RI 2022-2027 dan 10 orang calon anggota Bawaslu RI 2022-2027. Kemudian, nama-nama mereka akan disetor kepada Presiden Jokowi, untuk selanjutnya diserahkan ke DPR RI guna dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Setelah fit and proper test di DPR RI, nantinya akan dipilih 7 orang sebagai Komisioner KPU RI dan 5 orang sebagai anggota Bawaslu RI. Jadi, dari 28 kandidat yang lolos seleksi tahap kedua calon Komisioner KPU RI, ada 21 orang di antaranya yang akan gugur. *k22
Sumber: Nusabali

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

Raka Sandi Lolos Seleksi Tahap Kedua Calon Komisioner KPU RI

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya