0
Thumbs Up
Thumbs Down

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

Nusabali
Nusabali - Thu, 22 Aug 2019 09:30
Dilihat: 31
QR Code Semua Pembayaran DiluncurkanDENPASAR,
Satu kode implementasi untuk semua pembayaran yang merupakan visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025 disosialisasikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali. Kode tersebut, ialah QRIS yang merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesia Standar. Pengembangan QRIS dapat digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking.

Kepala Kantor KPWBI Bali Trisno Nugroho menjelaskan,Rabu (21/8) di Kantor KPwBI Bali di Jalan Letda Tantular, Denpasar. "QRIS merupakan salah satu implementasi dari visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang memerlukan dukungan inovasi teknologi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan digital," ujarnya.

Dijelaskan QRIS disusun dan dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan menggunakan standar internasional EMV Co.1 untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan spesifik negara sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Kata Trisno Nugroho, pengembangan QRIS mengusung semangat UNGGUL yakni,'Universal' yang berarti penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri 'GampanG' yang berarti masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

'Untung' yang berarti transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. 'Langsung' yang berarti transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran.Untuk diketahui, dalam sistem pembayaran QR Code merupakan interface/ kanal yang menginisiasi transaksi pembayaran dari customer ke merchant via smartphone.

Menurut Trisno Nugroho, sebelum siap diluncurkan spesifikasi teknis standar QR Code dan interkoneksinya telah melewati uji coba (piloting. Pada tahap pertama di bulan September hingga November 2018. Sedangkan pada tahap kedua, di bulan April hingga Mei 2019.

Dijelaskan Trisno Nugroho, QRIS Unggul telah diluncurkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI yang ke -74 di Kantor KPwBI Bali. Peluncuran atau grand launching disaksikan perwakilan perbankan yang ada di Bali. Sekaligus dilakukan transaksi oleh karyawan KPwBI Bali, untuk dana sosial. *k17
Sumber: Nusabali

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya