0
Thumbs Up
Thumbs Down

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

Indonesia Raya News
Indonesia Raya News - Wed, 25 Apr 2018 15:09
Dilihat: 735
PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

@IRNews | Jakarta - Joko Widodo pasti menang Pilpres 2019. Ini kata Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman, berdasarkan bukti. Menurutnya, yang bisa mengalahkan Jokowi cuma hoax.

Andy mengatakan, hasil survei terakhir Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kompas menjadi bukti. Presiden Jokowi, secara kualitas, jauh melampaui para kandidat lain di mata publik.

Dari jajak pendapat tersebut Jokowi mengalami kenaikan dukungan, sebaliknya elektabilitas para penantang justru menurun.

Survei Litbang Kompas, dirilis Senin 23 April 2018, menunjukkan elektabilitas Jokowi mengalami kenaikan menjadi 55,9 persen. Angka itu meningkat dibandingkan dengan enam bulan sebelumnya, ketika elektabilitas Jokowi 46,3 persen.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 14,1 persen, turun dari sebelumnya 18,2 persen. Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang sebelumnya 3,3 persen kini tersisa 1,8 persen. Sejumlah calon lain semakin susut keterpilihannya, menjadi kurang dari 1 persen.

"Ini adalah bukti bahwa masyarakat puas terhadap hasil kerja Presiden Jokowi. Ancaman terbesar kini adalah menangkis berbagai kabar bohong yang beredar luas melalui media sosial seperti isu serbuan tenaga kerja asal Cina ke Indonesia, atau soal utang luar negeri dan kesenjangan sosial yang dibingkai dalam perspektif SARA," kata Andy dalam siaran pers, Selasa 24 April 2018.

Andy memberi contoh bagaimana hoax di media sosial mengacaukan hasil pemilu di Amerika Serikat dan kini mendorong Kongres AS menyelidiki dalang di balik penyebaran kabar bohong terutama melalui Facebook.

"Kita melihat media sosial mempunyai dua sisi. Ia mampu menggerakkan orang untuk memperjuangkan kebebasan melawan para diktator sebagaimana terjadi pada Revolusi Arab. Tapi di sisi lain ia potensial mengganggu demokrasi sebagaimana terjadi pada kasus Pemihan Presiden Amerika Serikat," ujar bacaleg PSI ini dari dapil Jawa Timur 1 ini.

Karena itulah, menurut Andy, PSI membantu Jokowi dengan menyebarkan informasi yang benar melalui media sosial terkait berbagai fitnah yang ditujukan kepada presiden.

"Hoax hanya bisa ditanggulangi dengan jalan menyebarkan sebanyak mungkin informasi yang benar. Caranya adalah dengan mendorong media mainstream menjadi clearing house untuk meluruskan berbagai kabar bohong, dan kedua membanjiri media sosial dengan informasi yang benar sebanyak mungkin, dengan strategi penyebaran yang tepat," kata Campaign Manager PSI ini.

Andy melanjutkan, "Kampanye melawan hoax yang ditujukan kepada Jokowi adalah upaya PSI untuk memenangkan Jokowi, sekaligus mendidik publik agar kritis dalam membaca pesan di media sosial. Ini adalah bagian dari pendidikan politik ala PSI, khususnya kepada generasi muda yang aktif di media sosial."

Melalui berbagai pesan kreatif dalam bentuk video, foto, dan teks, PSI aktif menjelaskan berbagai masalah seperti infrastruktur, tenaga kerja asing, utang luar negeri, termasuk berbagai fitnah SARA yang ditujukan kepada Jokowi via media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter maupun Whatsapp.

"PSI ingin agar publik khususnya anak muda menyerap informasi yang lengkap dan akurat. Tujuannya agar mereka mempunyai panduan yang benar ketika kelak ke kotak suara. Itulah ikhtiar kami untuk meningkatkan kualitas demokrasi," pungkas Andy yang lebih dari sepuluh tahun menggeluti profesi sebagai jurnalis. (*)

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

PSI: Cuma Hoax yang Bisa Kalahkan Jokowi

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya