0
Thumbs Up
Thumbs Down

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

Republika Online
Republika Online - Sat, 30 May 2020 13:39
Dilihat: 47
Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

BROWNSVILLE -- Prototipe Starship milik Space X meledak dengan hebat di Texas Selatan beberapa saat setelah uji coba mesin Raptor pada Jumat (29/5). Starship adalah kendaraan ulang alik yang rencananya akan digunakan untuk perjalanan ruang angkasa.

Ledakan tersebut terjadi, tepatnya, di situs uji SpaceX di Boca Cica, di sebelah timur Brrrownsville dekat perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko. SpaceX mengevakuasi area di sekitar lokasi uji coba dan tidak ada laporan cedera.

Seperti yang dilansir dari Space Flight Now, Sabtu (30/5) awan uap muncul di sekitar bagian bahwa kendaraan Starship (yang terbuat dari stainless steel) beberapa saat setelah mesin Raptor muncul untuk menyelesaikan tes tembak normal yang berlangsung beberapa detik.

Uap juga terlihat mengalir dari ventilasi yang lebih tinggi pada kendaraan Starship sebelum ledakan. Starship dipenuhi dengan metana kriogenik dan propelan oksigen cair untuk pengujian.

Api itu tampaknya berasal di dekat pangkal roket. Starship hampir seketika diliputi bola api. Beberapa webcam langsung yang diarahkan ke Starship menunjukkan puing-puing dari roket yang jatuh di sekitar tempat uji dan juga tampak mengalami kerusakan.

Ledakan itu terjadi sehari sebelum tim SpaceX yang terpisah di Kennedy Space Center di Florida merencanakan upaya peluncuran kedua untuk pesawat luar angkasa perusahaan dengan awak di atas roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Percobaan dibatalkan pada Rabu (27/5) karena cuaca buruk.

Starship adalah pesawat ruang angkasa SpaceX generasi berikutnya. Perusahaan bermaksud menjadikan Starship dan roket pendorongnya, yang disebut Super Heavy, bisa menggantikan Falcon 9 dan Crew Dragon.

Kendaraan Starship yang dikembangkan secara pribadi berdiri setinggi sekitar 164 kaki (50 meter). Sirip aerodinamis, tidak ada di roket untuk tes pada Rabu (27/5). Kendaraan tersebut sekitar 30 kaki (sembilan meter) dengan diameter, sekitar satu setengah kali diameter jet jumbo Boeing 747.

Peristiwa ledakan ini menandai keempat kalinya sebuah kendaraan uji Starship hancur selama pengujian darat dalam setidaknya kurang dari dari enam bulan. Prototipe Starship awal pecah selama pengujian tekanan cryogenic di Boca Chica November lalu. Ini kurang dari dua bulan setelah pendiri SpaceX Elon Musk mengadakan presentasi di situs pengujian Texas Selatan untuk memberikan pembaruan pada rencana perusahaan terhadap Starship.

September tahun lalu, Musk menyarakankan prototipe Starship pertama dapat melakukan uji terbang di ketinggian atmosfer sebelum akhir 2019. Tapi SpaceX sejak itu menyempurnakan desain Starship dan memperkenalkan teknik manufaktur yang ditingkatkan untuk mengatasi kekurangan struktural.

Roket uji Starship kedua runtuh selama uji tekanan lain pada awal Maret. Yang ketiga runtuh selama tes pemuatan kriogenik yang serupa pada 3 April. Kecelakaan Jumat (29/5), adalah kecelakaan Starship pertama yang terjadi bersamaan dengan uji mesin Raptor.


Tetapi SpaceX dengan cepat beralih ke prototipe Starship berikutnya sebagai bagian dari proses pengembangan berulang perusahaan. Starship tambahan sudah dalam produksi untuk tahap berikutnya di Boca Chica.

Berita Terkait
  • Misi SpaceX yang Penuh Simbol Kedigdayaan Antariksa AS
  • NASA Ajak Tom Cruise Bikin Film di Stasiun Luar Angkasa
  • SpaceX Luncurkan Astronot NASA ke Luar Angkasa Pekan Depan
Berita Lainnya
  • Jelang New Normal, Tiga Hal Ini Harus Dilakukan
  • Kisah Pertandingan Terakhir Mike Tyson

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

Prototipe Starship Milik Space X Meledak Setelah Uji Coba

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya